Jenis - Jenis Pelatihan Pajak dan Manfaatnya
Jenis - Jenis Pelatihan Pajak dan Manfaatnya

Jenis - Jenis Pelatihan Pajak dan Manfaatnya

Pelatihan pajak yang cepat dan manfaat nya buat anda.


Pelatihan pajak secara umum disebut sebagai brevet pajak. Brevet pajak merupakan program kursus atau pelatihan mengenai pajak secara manual maupun menggunakan software pajak yang sedang populer. Pajak merupakan salah satu subjek yang esensial dalam berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan jual-beli, bisnis, hingga mengurus kepemilikan akan suatu inventaris pribadi maupun institusi.

Pekerjaan dalam dunia pajak pun tersedia hampir di berbagai institusi. Bagi anda yang tertarik untuk bekerja dalam dunia perpajakan, bekali diri dengan mengikuti pelatihan pajak atau brevet pajak. Adapun jenis-jenis pelatihan pajak yang perlu anda pahami.

Berikut berbagai jenis brevet yang perlu anda ketahui sekaligus manfaatnya. 


1. Brevet A 
Brevet A merupakan jenis pelatihan yang hanya mencangkup pajak pribadi seseorang. Jika anda mengambil brevet A, anda akan diajari dasar-dasar perpajakan dan cara kerja pajak akan penghasilan pribadi anda. Beberapa materi utama yang pasti anda dapatkan dalam pelatihan ini diantaranya; pajak bumi dan bangunan (PBB), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), bea materai serta pajak penghasilan orang pribadi (PPh 21).
Dengan mengikuti brevet A, anda bisa menjadi orang yang lebih sadar pajak dan menjadi warga negara yang taat pajak. Pengetahuan ini juga sangat penting untuk menjaga berbagai aset pribadi anda yang tertib pajak agar tidak menimbulkan masalah di masa depan. Faktanya, masih banyak orang yang memiliki berbagai kendaraan dan rumah mewah namun masih tidak taat pajak dan menimbulkan tagihan yang membekak.

2. Brevet B
Brevet B merupakan pelatihan pajak dengan materi yang lebih banyak dan lebih kompleks. Anda akan diberikan penjelasan tentang materi dasar perpajakan hingga menengah perpajakan. Tak lagi hanya tentang pajak perorangan, anda akan belajar ketentuan perpajakan sebuah institusi maupun perusahaan.

Adapun beberapa materi pelatihan yang akan anda dapatkan melalui kursus pajak satu ini, mulai dari; pemotongan dan pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 15, Pasal 21, Pasal 23, Pasal 25, Pasal 26, Pasal 4 ayat 2 dan lain-lain; Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berdasarkan 1111 dan 1107 PUT; pajak penjualan barang mewah (PPnBM), Akuntansi Pajak, pemeriksaan dan penyidikan pajak, Pajak Penghasilan (PPh) Badan, hingga pengisian SPT PPN dan PPh elektronik.

Pelatihan brevet B cocok untuk anda yang bekerja dalam bidang pajak dalam badan besar maupun sebuah perusahaan. Bagi anda yang bekerja dalam divisi HRD, pengetahuan dasar akan pajak juga akan membantu anda dalam mengoperasikan software payroll Indonesia terbaik yang digunakan oleh perusahaan.
Beberapa institusi kursus pajak juga seringkali menggabung materi brevet B dengan brevet A yang kemudian disebut sebagai brevet AB. Anda bisa mengambil kursus ini untuk materi perpajakan yang lebih lengkap.

3. Brevet C
Brevet C merupakan kursus pajak tingkat menengah dan lanjutan dengan materi yang semakin lengkap dan mencangkup ranah pajak yang lebih luas. Dalam brevet C, anda akan belajar tentang PPh perorangan pribadi, akuntansi pajak, PPh badan, pajak internasional, pajak internasional bank, dan tax planning.

Sebagai tingkat kursus tertinggi dalam brevet, anda harus lulus brevet A dan brevet B sebelum mengambil brevet C. Namun, ada juga badan kursus pajak yang menyediakan brevet C tanpa syarat brevet AB. Untuk mengikuti prosedur pembelajaran yang bertahap, ada baiknya anda belajar pajak dari dasar, kecuali anda memang telah paham pajak karena latar belakang pendidikan anda sebelumnya.

Dengan mengikuti brevet, anda bisa mendapat pengalaman sekaligus bukti resmi kemampuan anda dalam bidang perpajakan. Sistem pelatihan khusus pajak ini akan memiliki kurikulum yang disesuaikan sesuai dengan perkembangan jaman.

Banyak perusahaan saat ini menggunakan software payroll Indonesia terbaik LinovHR untuk memudahkan tugas HR dalam perhitungan pajak PPh 21 dan pelaporan pajak. Perusahaan Anda tak boleh ketinggalan, hubungi tim LinovHR untuk uji coba hari ini.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.
Next
This Is The Current Newest Page