Mengenal Cara Baru Mencari Uang Dari Aplikasi Panggilin Dengan Mudah
Mengenal Cara Baru Mencari Uang Dari Aplikasi Panggilin Dengan Mudah

Mengenal Cara Baru Mencari Uang Dari Aplikasi Panggilin Dengan Mudah

Mencari uang dari aplikasi android, mendapatkan uang di aplikasi android, aplikasi panggilin benar-benar membayar, dapatkan uang dengan menjadi jasa di aplikasi panggilin



Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini, erat kaitanya dengan cara pandang masyarakat dalam menemukan kemudahan dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini terlihat dari pertumbuhan pangsa pasar dalam memberikan pelayananan berupa on-demand. Tepat tanggal 17 oktober 2018 telah ahdir sebuah aplikasi panggilin yang mampu menjadi startup yang bergerak dibidang on-demand services.

Mengenal Pengertian Aplikasi Panggilin

Aplikasi ini merupakan sebuah on-demand services marketplace, dimana lebih terfokus untuk menghubungkan secara personal maupun bisnis dengan sistam pekerja lepas (freelancer). Ada beberapa keuntungan apabila menggunakan aplikasi ini diantaranya dapat menemukan bantuan langsung dengan cara membuat tugas yang bisa dikerjakan oleh para pekerja lepas.

Seperti para pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah, atau bahkan bisa sampai pekerjaan rumah sekalipun, semua bisa dengan mudah anda mencari bantuan menggunakan aplikasi panggilin ini. Saat ini aplikasi ini sudah semakin menyebar luas utamanya di kalangan mahasiswa. Hal ini sejalan dengan tujuannya yakni untuk menghubungkan bisnis dan freelancer dengan pelanggan di sekitar. Bukan hanya itu, lebih-lebih aplikasi ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Pada dasarnya panggilin ini menggunakan konsep location based platform dimana berhubungan dengan global positioning system (gps), fokus utama aplikasi ini yakni pada bagaimana cara untuk lebih memberdayakan para ukm dan pekerja lepas (freelancer) untuk dapat membantu kebutuhan pelanggannya. Hal ini merupakan bentuk peluan besar sebagai cara baru mencari uang dari aplikasi panggilin.

Awal mulanya ini berasal dari pengalaman pribadi dari founder nya, yakni fido tria brahma, serta dari beberapa orang terdekat nya ketika jasa dan pertolongan yang mendesak/urgent, akan tetapi mereka tidak mengetahui bahwa kebutuhan dan pertolongan tersebut sebenarnya ada di sekitarnya. Dari permasalahan tersebutlah yang membuat fido tria brahma merasa bisa di buat peluang bisnis yang berpenghasilan. Kemudian mereka melakukan sebuah riset kecil-kecilan ke beberapa tetangga dan orang di sekitar area rumah nya. Sampai suatu ketika mereka bisa membuat sebuah kesimpulan dari beberapa wawancaranya tersebut, yaitu :

• Kebutuhan terhadap nilai kepraktisan, bahwa tidak bisa dipungkiri seseorang membutuhkan segalanya yang lebih praktis.
•Kebutuhan terhadap kecepatan untuk dilayani, proses pelayanan yang cepat akan sangat berpengaruh terhadap daya tarik seseorang damanapun.
•Kebutuhan terhadap bentuk informasi dan pembandingan baik dari segi harga, jarak, maupun ulasan pengguna lain.

Di samping itu hasil temuan mereka pun merujuk pada penekanan kebutuhan dari para bisnis dan freelancer untuk dapat dipromosikan. Maksudnya di sini ada segi penghubung dengan pelanggan disekitanya yang tidak mengurangi kebebasan mereka dalam mengatur harga, waktu buka-tutup, serta terkait jarak jangkauan dalam pelayanan. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kendala tersendiri yang perlu di atasi dengan menggunakan aplikasi yang mudah.
Berdasarkan beberapa kebutuhan dan hasil riset tersebut maka terciptalah sebuah konsep yang memanfaatkan teknologi digital berupa aplikasi mobile panggilin ini sebagai solusi permasalahan tersebut.

Perbedaan Panggilin Dengan On Demand Services Serupa

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat banyak pemain di pasar on-demand services di indonesia. Akan tetapi terdapat pembeda terhadap fitur dengan lain, ini lebih ditekankan pada bagaimana pada pengguna dapat melempar tugas se-random mungkin. Mulai dari permintaan untuk melakukan belanja, mengantri, beliin tiket konser atau tiket bioskop, bahkan sampai untuk permainan di game online, serta menjadi pendamping wisuda bisa anda dapatkan dengan mudah.

Itu semua memang ditawarkan oleh mereka sesuai dengan kebutuhan pasar yang belum tergarap oleh aplikasi on-demand services yang lainnya sehingga menciptakan hal baru tersebut. Bahkan mereka berkata bahwa,
"kami disini lebih melihat adanya peluang atau spektrum pasar yang unik dan belum tersentuh oleh pemain di pasar on-demand services lainnya. Salah satu contohnya apabila ada pelanggan ingin mencari laundry, mereka mungkin bisa mencari di aplikasi pencarian laundry. Atau apabila dari pelanggan membutuhkan cleaning services, perawatan ac, pertukangan, desain, dan lainnya pun sama.

Namun, ketika ada  pelanggan yang mempunyai  kebutuhan unik, salah satunya untuk menitipkan salam ke gebetan nya atau hal lain yang berkaitan dengan perasaan ? atau bisa untuk bantu packing barang ketika mau pindahan? Dan kebutuhan-kebutuhan unik lainnya seperti itu, tanpa disadari sangat banyak ditemui. nah, di aplikasi panggilin inilah yang bisa menjawab kebutuhan tersebut" pungkas fido tria brahma, founder atau ceo panggilin.

Bisnis Model

Banyak pertanyaan terkait bagaimana bisnis model dalam panggilin? Hal ini sangat simple serta mudah. Tarif yang diberlakukan pada aplikasi panggilin ini sesuai dengan pemakainya sendiri baik pelangga maupun bisnis atau freelancer, sehingga tidak ditentukan oleh pengelola aplikasi.

Seperti yang sudah kita ketahui baha panggilin menerapkan system pembelian token kepada para bisnis/freelancer. Fungsi token di sini yakni sebagai indikator untuk memastikan mereka untuk dapat mengambil order atau belum di aplikasi panggilin.

Rencana ekspansi

Perkembangan aplikasi panggilin ini lebih terfokus untuk campaign di daerah jabodetabek. Akan tetapi, sebenarnya aplikasi ini sudah bisa digunakan pada daerah manapun di indonesia, hal ini karena sudah menyambung dengan fitur 'tugas' mereka termasuk  dalam user generated content (ugt).

Apabila kita melihat dari sisi produk maka sudah terlihat bahkan akan ada perencaan untuk memperluas produk dalam melakukan optimasi terhadap beberapa produk android nya yakni dengan paralel yang terus mengembangkan produk ios dan website nya.
Memang pada perkembangannya tersebut banyak dilakukan secara bertahap dan berjalan secara dengan pasti.

Pendanaan Dan Strategi Pemasaran

Tidak bisa di pungkiri bahwa seorang pebisnis awal memang banyak mengalami kendala. Hal ini merupakan sebuah tantang tersendiri untuk menjutkan bisnisnya atau menghentikan bisnisnya. Seperti yang dialami oleh pengelola aplikasi panggilin ini. Pada dasarnya memang ada keterbatasan pada tim panggilin dimana masih menggunakan pendanaan pribadi dari founder untuk menjalankan bisnis nya. Namun, sesuai dengan kemajuannya sudah ada tiga investor yang tertarik menjalin kerjasama, ungkap fido. Namun sayangnya, belum ada yang sesuai dengan visi mereka.
"kami mencari yang sesuai dengan visi kami, karena ini bukan lari jarak pendek tetapi ini lari marathon." pungkasnya singkat.

Walaupun demikian, beberapa kendala kecil tersebut tidak menjadi batasan bagi mereka untuk terus tumbuh dan berkembang. Adanya dana yang terbatas tersebut, justru membuat mereka berencana untuk memaksimalkan kanal digital yang ada seperti sosial media instagram, facebook, aplikasi pesan singkat whatsapp, line, telegram, dan sebagainya. Sehingga akan semakin memperluas dan di kenal oleh masyarakat.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang mereka gunakan yakni dengan menggunakan pendekatan word-of-mouth melalui komunitas untuk memenangkan pasar di akar rumput. Fido bersama timnya sudah membuat kesepakatan bahwa untuk menghindari promosi berdana besar di awal ini karena mereka ingin memperkuat bisnis proses, bisnis model, dan manajemen tim. Menurutnya, akan tumbuh secara perlahan yang natural itu akan lebih baik daripada menghabiskan dana besar dan berakhir mati nantinya.

Sejarah Dibuatnya Aplikasi Panggilin

Menurut sejarahnya, aplikasi panggilin ini didirikan oleh fido tria brahma tepatnya pada april 2018. Sebenarnya ide panggilin itu sendiri sudah tercetus lama sejak oktober 2016. Akan tetapi karena ada beberapa kendala sehngga pada tahun 2018 baru bisa terealisasi. Meskipun demikian hal ini sempat berpartisipasi menjadi salah satu peserta inkubasi dari program gerakan nasional 1000 startup digital yang diselenggarakan oleh kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia.
Seperti yang sudah di sampaikan di awal bahwa ide pembuatannya sendiri berdasarkan pada pengalaman pribadi fido sebagai founder nya.

Singkat cerita, ketika ada beberapa orang terdekatnya sedang kesusahan untuk mencari pertolongan, baik itu dalam bentuk jasa maupun pertolongan yang bersifat mendesak lainnya. Nah, dari situlah muncul sebuah pemikiran untuk menolong orang tersebut menggunakan sistem aplikasi yang mempermudahnya. Bahkan hal tersebut bisa digunakan sebagai bentuk peluang bisnis. Kemudian fido melakukan sebuah riset dan membuat konsep dengan untuk mendapatkan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan.

dari situlah sehingga ditemukan sebuah konsep dengan memanfaatkan teknologi digital, pasalnya ini dapat menghubungkan antara orang yang butuh bantuan dengan mudah dan cepat, sehingga seseorang tersebut bisa memberikan bantuan yang berupa aplikasi mobile panggilin ini.

Sedangkan untuk aplikasinya sendiri baru resmi dirilis di playstore pada bulan oktober 2018 oleh pt aliansi inovasi global, sebuah perusahaan rintisan digital. Menurrut perkambangan zaman yang semakin pesat dan meluas, maka tidak heran apabila aplikasi panggilin ini sudah memiliki puluhan ribu pengguna di seluruh indonesia. Bahkan terdapat ribuan projek dan freelancer yang sudah terlibat serta berkontribusi baik profesional maupun amatir di dalamnya mulai dari latar belakang keahlian teknis maupun non-teknis lainnya, semua tergabung dalam aplikasi ini.

Mengenal bentuk kategori pekerjaan di aplikasi panggilin

Mengkin masih banyak yang bingung dengan penggunaan aplikasi panggilin ini, pada dasarnya memang untuk membantu memenuhi kebutuhan dengan cepat dan mudah. Seperti pada penekanan di atas, adan banyak macam kategorinya. Nah untuk aplikasi ini sendiri cara menggunakannya, misalnya anda sedangan ada pekerjaan deadline di kantor atau di kampus yang harus segera diselesaikan, pastinya sangat harus segera di selesaiakn bukan? Nah, supaya cepet selesai maka anda bisa kok minta tolong (dengan imbalan tentunya) ke para hero di panggilin untuk membantu meringankan pekerjaan anda tersebut. Sehingga bagi kamu yang bisa mengerjakan tugas-tugas seperti mengetik di excel atau word, mengumpulkan data dari berbagai sumber referensi, maka bisa anda tawarkan ke mereka.

Sedangkan untuk yang masih sekolah atau kuliah, anda pun juga bisa meminta bantuan dengan memberikan tugas ke hero di panggilin, karena di sini tidak ada batasan usia. Secara umum yang lebih banyak biasanya untuk bahan untuk presentasi, skripsi. Bahkan ketika anda mungkin perlu orang untuk di interview sebagai sumber presentasi anda? Bisa juga loh anda tawarkan di panggilin.

Sasaran yang banyak terlibat dalam aplikasi panggilin ini yakni para ibu rumah tangga, hal ini karena ibu rumah tangga saat ini bukan hanya mengurus tentang pekerjaan rumah namun ikut mencari uang dan bekerja. Sehingga perlu aplikasi panggilin ini, maka menjadi keuntungan buat para hero panggilin, contoh kecilnya pada tugas kecil untuk mengganti lampu ruangan yang mati atau putus, biasanya di perumahan, susah sekali untuk meminta bantuan sama tetangga. Sehingga bisa dengan mudah diatasi. Atau mungkin, anda adalah orang yang mengembangkan bisnis dirumah? Biasanya banyak sekali kendala kan? Dengan menjadi pengguna aplikasi panggilin, sehingga sudah tidak perlu lagi bingung untuk mencari bantuan loh! 

Contoh lain ketika anda menggunakan aplikasi panggilin, misalnya anda punya rencana untuk memberikan kejutan kepada pacar anda pada saat acara makan malam di cafe atau warung makan atau restoran, dan anda butuh orang untuk membantu, baik itu sebagai pengamen dadakan, penyanyi acapella, sampai pembaca puisi yang isinya curahan hati kamu, maka tidak perlu khawatir karena semua itu bisa teratasi dengan para hero di aplikasi panggilin ini

Kategori Aplikasi Panggilin

Setelah banyak membicarakan aplikasi panggilin, di sini ada beberapa kategori aplikasi yang bisa anda buat, sebagai wawasan. Siapa tahu di kemudian hari anda membutuhkan, maka ini akan sangat membantu anda.

• Marketing & sales.
• Legal, akuntansi & perpajakan.
• Penulisan, konten, & penerjemah.
• Copywriting, penulisan, konten &penerjemah.
• Desain, video, & photography.
• Admin & data entry.
• Pengiriman barang.
• It programming.

Melihat banyaknya kategor tersebut maka tidak heran apabila aplikais panggilin di sebut sebagai super hero. Banyak yang mengatakan freelancer nya disebut sebagai hero.  Kemudahakannya ketika anda ketika menjadi hero maka anda yang berhak menentukan upah yang akan dibayarkan terhadap pekerjaan tersebut. Dalam hal ini bentuk pembayaran dilakukann melalui aplikasi panggilin, alasanya karena untuk menjaga keamanan transaksi baik dari pembuat tugas ataupun dari hero supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.  Selain itu ada  sistem pembelian token kepada hero, dimana fungsi token merupakan indikator untuk memastikan mereka untuk bisa mengambil tugas dipanggilin itu sendiri.

Fakta Panggilin Sebagai Penghubung Pemilik Bisnis Dan Freelancer

Bentuk penghubung bisnisny pada aplikasi panggilin ini sebagai startup yang menyediakan aplikasi bagi pengguna nya untuk mencari bisnis dan melempar tugas untuk dikerjakan oleh para freelancer yang di sebut hero. Hal ini pun dapat digunakan sebagai nationwide yang sudah meliuas di indonesia, akan tetapi karena beberapa keterbatasan maka untuk saat lebih di fokukan untuk melakukan campaign di daerah jabodetabek.

Dalam rencana jangkanya ingin mengumpulkan sebanyak mungkin pengguna untuk mendaftar sebagai hero (freelencer / penyedia bisnis) di daerah jabodetabek. Di samping itu pada sisi pengembangan aplikasi ios (saat ini hanya tersedia di android) itu pun sudah dalam perencanaan perkembangan. Strategi pemasaran yang di gunakan yakni word of mouth dan media sosial instagram atau facebook.

Perbedaan Panggilin Dengan On Demand Services Serupa

Pada dasarnya setiap aplikasi pasti ada pembedanya, inilah yang terjadi pada aplikasi panggilin menggunakan fitur yang berbeda. Fitur yang membedakan panggilin dengan lainnya yakni panggilin dapat melempar tugas se-random mungkin. Dari permintaan untuk berbelanja, mengantri, membeli tiket konser atau bioskop, bahkan bisa pula untuk menemani main game online, serta menjadi pendamping wisuda. Hal ini di dasarkan pada kebutuhan masyarakat secara umum.

Secara umum adanya aplikasi paggilin ini bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan secara umum di masyarakat.
Keuntungannya bukan hanya pada yang membutuhkan saja, namun seseorang yang berbakat pun bisa sebagai hero di situ. Sehingga terjadi imbal balik yang saling menguntungkan baik pihak pertaha maupun piha kedua. Perluasan aplikasi ini semakin meluas d indonesia. Bagi ibu rumah tangga ini bisa sebagai solusi cara baru mencari uang dari aplikais panggilin.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.
Next
This Is The Current Newest Page