Kumpulan Kreasi Olahan Telur Yang Terpopuler Baru-baru ini
Kumpulan Kreasi Olahan Telur Yang Terpopuler Baru-baru ini

Kumpulan Kreasi Olahan Telur Yang Terpopuler Baru-baru ini

Kumpulan olahan telur yang enak dan lezat dengan banyak kreasi salah satunya kreasi olahrlan telur versi telur orak arik


Tokohsebelah.com- Telur memang merupakan bahan makanan yang sangat mudah dapat kita dijumpai. Dari toko kelontong atau toko sembako, minimarket, hingga supermarket besar pun pasti menyediakan bahan makanan ini. Telur juga banyak disukai oleh anak - anak, hingga orang dewasa karena selain rasanya yang lezat, telur juga diperkaya protein yang sangat diperlukan bagi tubuh, utamanya pada anak - anak yang masih dalam proses pertumbuhan, atau orang - orang yang sedang menjalankan program pembentukkan masa otot juga sangat dibutuhkan. Dalam memilih telur pun juga harus cermat. Terkadang telur yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi juga beredar dipasaran. Untuk itu ketika hendak membeli telur, perlu kejelian dalam memilih telur, atau dapat dibuktikan ketika sudah berada dirumah dengan cara yang sangat mudah hanya dengan menggunakan air didalam gelas.

Dalam mengolah telur juga sebaiknya dalam keadaan benar - benar matang sempurna. Agar komponen - komponen yang berbahaya dapat mati dengan cara dimasak hingga benar - benar matang sempurna. Dan selain itu, telur pun juga sangat mudah untuk diolah menjadi beberapa olahan masakan yang sangat praktis, dan juga tidak banyak menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya. Dan juga kita dapat menambahkan toping yang kita inginkan agar membuat tampilan lebih cantik, dan rasanya agar lebih sedap dan nikmat. Sehingga membuat selera makan seseorang bertambah, dan ingin segera menyantapnya. Nah ini dia beberapa kreasi olahan telur yang bisa menjadi salah satu menu yang dapat Anda sajikan dirumah.

5 Olahan Telur Yang Populer


1. Telur Mata Sapi

Kreasi menu olahan yang pertama yaitu telur mata sapi, mungkin cara memasakanya juga sudah banyak yang mengetahui dan dalam membuat telur mata sapi pun sangat mudah. Namun harus dengan hati - hati, karena apabila ketika akan meletakkan atau memecah cangkang dan menuangkannya ke dalam penggorengan dengan sembarangan, mungkin bentuk atau hasil agar terbentuk menjadi mata sapi tidak dapat terbentuk secara sempurna. Untuk itu , ketika meletakkannya harus dengan penuh kehati - hatian agar bentuknya juga bulat penuh seperti mata sapi. Apabila, olahan telur ini akan dihidangkan untuk sikecil, agar lebih menarik tampilannya dapat Anda tambahkan beberapa potong sayuran seperti wortel ataupun brokoli sebagai hiasan yang dibentuk menyerupai mulut dan rambut  juga irisan bulat tomat sebagai bagian mata agar nampak seperti bentuk wajah. Dan olahan ini pun dapat Anda sajikan sebagai menu sarapan, maupun dijadikan bekal untuk sikecil.

2. Telur Dadar Dengan Aneka Toping

Opsi dalam memasak bahan makanan telur ini bagi ibu - ibu biasanya juga dibuat telur dadar. Yaitu dengan cara memecahkan cangkang telur dan memasukkannya dalam suatu wadah diberi bumbu penyedap ataupun garam sedikit lalu dikocok dengan menggunakan sendok atau garpu  selama beberapa kali, lalu digoreng.

Agar dapat membuat menarik dan semakin menambah cita rasa dari telur itu sendiri dapat kita tambahkan aneka toping , atau hanya salah satu toping tambahan saja. Beberapa pilihan toping yang bisa Anda gunakan yakni daun bawang, sosis , baso, ayam suwir, irisan nugget, ataupun sayuran yang dicacah hingga berbentuk s eperti cacahan kecil - kecil toping ini bisa Anda jadikan kreasi untuk Anak atau anggota keluarga Anda ada yang tidak menyukai atau sulit untuk menyantap olahan sayur. Dapat Anda sajikan dengan gabungan beberapa sayuran sehingga dari bentuk dan rasa seseorang tersebut tidak menyadari bahwa yang telah disantap tersebut ternyata adalah sayuran. Nah dengan menambahkan salah satu atau beberapa toping tersebut ke dalam hidangan telur Anda dapat  Anda praktikkan dengan mudah dan dengan bahan toping yang juga dapat dengan mudah kita temukan dan membuat cita rasa dari hidangan telur tersebut semakin nikmat.

3. Sosis Telur (sostel)

Menu kreasi telur yang satu ini memang sedang viral dan banyak anak - anak yang menyukainya. Karena cara pembuatan dari sosis telur atau sostel ini juga menarik. Karena si penjual menggunakan peralatan yang dapat membuat sostel apabila sudah matang dapat keluar dengan sendirinya tanpa harus kita bolak - balik dan takut gosong seperti halnya ketika mema sak menggunakan penggorengan dirumah. Nah sostel ini pun juga dapat kita buat di rumah, dan apabila Anda tidak memiliki alat yang biasa digunakan oleh penjual - penjual sostel Anda dapat menggunakan penggorengan seperti biasanya. Cara nya pun juga mudah Anda siapkan wadah yang berisi telur yang sudah lepas dari cangkangnya dan tambahkan irisan toping, dengan irisan yang benar - benar kecil dan lembut lalu kocok hingga tercampur semua bahan. Lalu tusuk satu buah sosis, kemudian masukkan pada mangkuk yang berisi telur yang sudah di mix dengan toping dan telah dikocok lepas . Setelah itu,  Putar - putar telur didalam wadah tersebut sampai telur dan toping menyatu kedalam sosis, kemudian masukkan kedalam wajan sudah berisi minyak yang telah dipanaskan sebelumnya, lalu bolak - balik sosis hingga matang, dan yang terakhir angkat dan tiriskan lalu pindahkan kedalam wadah dan beri saus tomat atau saus sambal sebagai tambahan dan sajikan kepada kerabat maupun anggota keluarga Anda.

4. Omelet ( telur mix dengan mie )

Nah menu yang satu ini juga menjadi salah satu menu andalan disaat lapar. Karena bahan yang digunakan pun juga tidak sulit ditemukan, yakni telur dengan mie instan. pembuatan nya pun juga sangat mudah. Yaitu mula - mula rebus mie instan seperti biasa hingga  mie sudah matang lalu di campurkan dengan bumbu - bumbu nya, kemudian setelah tercampur masukkan telur yang sudah dipecahkan cangkangnya, kemudian diaduk hingga seluruh bagian mie sudah benar - benar terbalut dengan telur. Apabila diperlukan dapat Anda tambahkan dengan potongan sosis, atau baso sesuai selera Anda. Kemudian goreng hingga semua bagian masuk kedalam penggorengan. Setelah benar - benar matang, sajikan dengan dipotong - potong menjadi 4 atau 6 bagian sesuai selera Anda. Lalu sajikan dan siap disantap selagi hangat dengan nasi hangat. Mudah bukan?.

5. Telur Orak - Arik

Pada olahan telur selanjutnya yakni telur dimasak dengan cara diorak - arik atau dengan cara di pisahkan bagian telur satu dengan yang lain menggunakan spatula setelah telur dituangkan kedalam penggorengan. Dalam membuat menu ini dapat ditambahkan bahan makanan yang lain agar terlihat menarik dan menambah cita rasa masakan. Cara membuat menu ini pun cukup simple. Pertama siapkan telur, cabe merah besar, cabe rawit merah, bumbu penyedap, dan kecap. Selanjutnya iris serong memanjang cabe merah besar dengan terlebih dahulu membukanya dan memisahkannya dari isi cabe, berikut dengan cabe rawit kecil potong kecil - kecil sesuai selera lalu bersihkan menggunakan air mengalir.

Setelah itu, lepaskan telur kedalam mangkuk atau wadah yang lain, lalu masukkan potongan dan irisan cabe merah dan rawit yang telah dibersihkan. Kemudian campur semua bahan dengan mengaduk menggunakan sendok atau garpu, lalu tambahkan bumbu penyedap secukupnya apabila diperlukan tambahkan kecap sedikit saja kedalam adonan telur. Setelah itu, tuang telur kedalam penggorengan dalam wajan yang telah diberi minyak hingga panas, kemudian setelah itu gesek - gesekkan spatula hingga telur tidak membentuk bentukkan yang sempurna. Terus diaduk hingga matang merata. Kemudian letakkan kedalam piring, dan dapat di santap dengan nasi hangat.

Nah itu dia beberapa cara mengkreasikan olahan telur dengan mudah dan tidak banyak menyita waktu Anda. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat .
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.