Pengalaman Berkemah Di Pantai Pelang, Kabupaten Trenggalek

Pantai Indonesia, liburan ke pantai, Jarak antara Kota Kediri ke Kabupaten Trenggalek ini lumayan jauh, terhitung hampir 2 jam kami berkendara dan sampailah kami ke rumah salah satu rekan kami yang ada di Kabupaten Trenggalek ini. Kami pun melepas penat dan lelah sejenak. Kami memutuskan berangkat kembali setelah shalat subuh.

Tokohsebelah.com- Bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata menarik khususnya berkunjung ke sebuah pantai yang terkenal eksotik dan selalu menyimpan keindahan tersendiri. Maka, Pantai Pelang yang terletak di Kabupaten Trenggalek ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi karena di pantai tersebut terdapat salah satu keindahan panorama alam yang cukup menarik untuk Anda singgahi.

Nah, kali ini kami akan menceritakan pengalaman yang tak terlupakan ketika kami tengah mengadakan acara touring sekaligus camping beach dengan para kawan kami. Tentunya, suatu perjalanan yang cukup menantang dan seru khususnya dengan konstruksi jalan untuk menuju ke kawasan Pantai Pelang yang harus naik turun gunung serta melewati beragam kelokan tajam yang tentunya sangat butuh kewaspadaan ekstra agar Anda tidak terjatuh dari motor ketika berkendara.

Tepat pada hari sabtu tanggal 6 bulan januari tahun 2018 ini, saya dan kawan kawan saya memutuskan untuk mengadakan acara touring sekaligus mengadakan acara camping beach di sebuah pantai. Lalu, di usulkan lah beragam pantai yang bagus untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Pantai Pelang, Kabupaten Trenggalek, Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan, hingga Pantai Delegan, Kabupaten Gresik.

Pantai pantai tersebut pun dipilih secara voting oleh para anggota komunitas kami dan sepakatlah untuk memilih Pantai Pelang sebagai destinasi wisata selanjutnya. Kami memutuskan berangkat pada tanggal 6 hari sabtu dan berangkat bersama pukul 06.00 WIB
Kami pun memutuskan untuk saling tunggu menunggu di setiap SPBU yang ada di kawasan Surabaya guna saling menunggu para anggota touring lainnya yang ingin mengikuti acara yang kami selenggarakan ini. Kala itu, saya berboncengan dengan faisal, salah satu kawan yang sangat piawai mengendarai motor sehingga jalanan berkelok ketika akan memasuki kawasan pantai pelang ini sangat paham dan tahu akan medan jalan yang akan di laluinya tersebut. Ya, memang untuk menuju ke pantai pelang  ini, Anda akan disuguhkan dengan banyaknya jalan dengan tikungan tajam dan berkelok kelok. Maka dari itu, disarkan kan  Anda memiliki keahlian dalam mengendarai sepeda motor untuk menuju ke Pantai Pelang, Kabupaten Trenggalek ini.

Dari Surabaya, kami memutuskan berangkan pada pukul 21.00 WIB dengan menggunakan sepeda motor. Ya, kami lebih memilih menggunakan sepeda motor karena selain lebih praktis, naik sepeda motor ini juga kami rasa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau mobil.

Saya pun mulai mengisi bensin sampai full di SPBU daerah Krian, Sidoarjo. Di SPBU tersebut, kami pun sepakat untuk membeli perbekalan seperti air minum, roti, mie, dan lain sebagainya. Kami pun juga membawa tas carrier yang telah kami isi tenda dan perlengkapan camping lainnya. Sebab, kami akan menginap di kawasan Pantai Pelang ini. Mengapa kami memilih Pantai Pelang sebagai destinasi tempat wisata pantai bagi komunitas kami ? Sebab, pantai pelang ini termasuk pantai yang sangat eksotis. Sebab, selain tedapat sebuah pantai, tak jauh dari sana juga terdapat sebuah air terjun dengan pemandangan yang sangat menarik hati Anda. Jadi, Anda dapat menikmati 2 tempat wisata dalam satu lokasi yakni pantai dan air terjun.

Setelah puas kami mengisi “amunisi perut” dan membeli bensin, kami pun langusng bergegas menggeber motor kami untuk segera menuju ke kawasan Pantai Pelang. Sebagai informasi saja, Pantai Pelang ini sendiri terletak di daerah Kabupaten Trenggalek tepatnya di Kecamatan Wonocoyo, Panggul.

Setelah berkendara selama 3,5 jam, kami pun berhenti di salah satu warung makan sederhana di daerah Kota Kediri. Nah, disini, kami kembali membeli makan khas dari daerah Kota Kediri yakni pecel tumpang. Cukup lengkap dengan lauk ayam goreng dan juga dilengkapi dengan aneka sayur seperti cambah dan kangkung dan diguyur dengan sambel pecel dan yang tak kalah penting adalah taburan tumpang. Harga yang satu porsi pecel tumpang ini pun juga cukup murah. Untuk lauk ayam goreng dan satu gelas es the hanya dihargai sekitar 15 ribu saja.

Setelah kenyang, kami pun mulai melanjutkan perjalanan kembali kea rah Pantai pelang. Nah, waktu telah menunjukkan pukul 01.30 dini hari. Itu tandanya kami harus mempercepat perjalanan agar tidak terlalu siang untuk sampai ke Pantai Pelang ini. Sebab, nanti kami juga akan beristirahat kembali di rumah salah satu rekan kami yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Jarak antara Kota Kediri ke Kabupaten Trenggalek ini lumayan jauh, terhitung hampir 2 jam kami berkendara dan sampailah kami ke rumah salah satu rekan kami yang ada di Kabupaten Trenggalek ini. Kami pun melepas penat dan lelah sejenak. Kami memutuskan berangkat kembali setelah shalat subuh. Nah, karena saya dikenal sebagai “rider ngantukan” saya pun tidur terlebih dahulu agar nanti kembali fit ketika kembali berkendara.

Tak terasa kumandang adzan memanggil saya untuk melaksanakan shalat subuh berjamaan dan saya pun bergegas ke mushala terdekat. Setelah saya selesai shalat subuh, saya dan kawan kawan berpamitan dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Pelang ini. Disinilah kesigapan kami diuji. Sebab, jalan menuju ke Pantai Pelang ini sangat berkelok. Tanjakan dan turunan tajam silih berganti kami lewati. Saya yakin, jika seorang yang masih belum bisa menguasai motor akan terjatuh di jalanan seperti ini. Jika Anda ingin memutuskan berwisata ke Pantai Pelang, maka langkah persiapan adalah cek secara berkala kondisi motor Anda dan juga cek kesiapan fisik Anda tentunya.

Setelah dua jam perjalanan dari rumah saudara kawan kami ini, maka sampailah rombongan kami ini di Pantai Pelang.
Tampak masih sepi pantai ini tentunya karena kami datang tepat pukul 07.00 WIB. Tampak dari luar, Pantai Pelang ini hanya biasa biasa saja sebab untuk menuju ke pantai ini Anda harus memasuki kawasan perkampungan kecil. Namun, setelah memasuki kawasan camping ground dari Pantai Pelang, Anda akan disuguhkan oleh keindahan deburan ombak, pasir pantai dan tebing tebing yang menawan hati. Selain itu, di belakang lokasi camping ground terdapat lokasi air terjun yang tentunya dapat Anda gunakan untuk mandi jikalau Anda telah puas bermain di area pantai.

Namun, sebaiknya Anda harus berhati hati jika ingin bermain di pantai. Sebab, ombak Pantai Pelang ini dikenal “ganas” dan juga tidak disarankan untuk bermain di tengah pantai. Hanya saja, Anda diperbolehkan untuk bermain di bibir pantai.

Kami pun sepakat mencari kayu bakar untuk acara api unggun di malam hari. Selain itu, tak lupa juga kami membeli aneka ragam oleh oleh yang dijual para pedagang di sekitar lokasi pantai. Malam pun tiba, kami pun sepakat untuk mengadakan acara api unggun dan bernyanyi ria dengan kawan kawan. Setelah puas, kami pun bergegas tidur di dalam tenda masing masin. Tak terasa pagi pun menjelang. Waktunya kami pulang ke Surabaya dan selesailah liburan edisi kali ini yang bertujuan di Pantai Pelang, Kabupaten Trenggalek.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.