7 Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik dan Bagus Untuk Pria dan Wanita
7 Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik dan Bagus Untuk Pria dan Wanita

7 Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik dan Bagus Untuk Pria dan Wanita

7 Tips Memilih Sepatu Running 1. Pilih Sepatu Runing Dengan Bantalan Yang Empuk Salah satu tips untuk mencari dan memilih sepatu running adalah yang memiliki bantalan yang empuk sehingga sangat nyaman ketika Anda memijakkan kaki di dalam sepatu tersebut


Tokohsebelah.com- Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Sebab, dimana ada jiwa yang sehat, disitulah ada sebuah tubuh yang kuat. Ya, paribahasa tersebut menggambarkan bahwa kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib Anda jaga agar Anda dapat melaksanakan segala aktifitas sehari hari. Oleh karena itu, Anda wajib untuk melakukan kegiatan olahraga.

Kegiatan olahraga ini memang cukup beragam. Salah satunya jenis olahraga yang sering dilakukan oleh semua kalangan baik kaum laki laki ataupun kaum wanita dari usia remaja hingga orang dewasa adalah olahraga lari atau running. Ya, olahraga lari atau running ini sangat digemari oleh semua kalangan karena Anda tidak perlu membutuhkan alat bantu apapun. Jadi, Anda cukup berlari saja hingga mengeluarkan keringat yang tandanya Anda mengeluarkan keringat sehat.

Namun, tahukah Anda bahwa ketika Anda sedang melakukan kegiatan olahraga lari ini membutuhkan alas kaki khusus untuk olahraga ini. Ya, memang dibutuhkan sebuah alas kaki berupa sepatu khusus untuk menunjang kegiatan olahraga running ini. Untuk itu, kali ini kami akan membahas perihal sepatu khusus untuk olahraga lari yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang mencari referensi sepatu olahraga lari yang cocok untuk Anda baik kaum laki laki maupun untuk kaum wanita.

Apa itu sepatu running ? Sepatu running atau sepatu khusus untuk olaharaga lari ini merupakan salah satu jenis sepatu yang di desain khusus untuk menunjang kegiatan berolahraga Anda khususnya untuk digunakan berlari. Selain itu sepatu running di desain mengikuti lekuk kaki sehingga Anda akan merasa nyaman ketika menggerakkan kaki untuk berlari. Tak hanya itu saja, sepatu running ini juga memiliki corak warna yang cukup beragam sehingga sepatu running ini sangat direkomendasikan sebagai alas kaki ketika Anda sedang melakukan kegiatan berolahraga lari baik di pagi hari maupun di sore hari.

Selanjutnya, kami juga akan membagikan 7 tips tips jitu untuk memilih sepatu running yang sangat direkomendasikan bagi para pria maupun para wanita, chek tis out.

7 Tips Memilih Sepatu Running


1. Pilih Sepatu Runing Dengan Bantalan Yang Empuk

Salah satu tips untuk mencari dan memilih sepatu running adalah yang memiliki bantalan yang empuk sehingga sangat nyaman ketika Anda memijakkan kaki di dalam sepatu tersebut. Memang, salah satu factor terpenting dalam memilih sepatu khusus untuk olahraga lari ini adalah nyaman ketika digunakan. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk Anda bahwa bantalan yang empuk ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam memilih sepatu running.

2. Mempertimbangkan Berat Badan Tubuh Anda Dengan Sepatu Running

Anda wajib untuk mempertimbangkan berat badan tubuh Anda dalam memilih sepatu running ini. Sebab, Anda dapat menimbang serta memilih sepatu running yang tentunya dapat membuat Anda nyaman. Sebab, berat badan ini sangat menentukan dalam menentukan sepatu running tersebut. Sebab, semakin berat tubuh Anda maka sangat disarankan bagi Anda untuk memilih sepatu running dengan pilihan bantalan yang lebih tebal karena ketika Anda memilih bantalan sepatu yang lebih tipis akan membuat Anda merasa sakit di tumpuan kaki Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda lebih memilih sepatu running yang sebanding dengan berat badan tubuh Anda.

3. Mengecek Kelenturan Sepatu Running

Untuk menentukan kenyamanan sepatu running yang sesuai dengan keinginan Anda. Maka, Anda patut untuk mengecek kelenturan sepatu running pilihan Anda. Sebab, ketika Anda berlari maka kaki Anda butuh sebuah alas kaki yang sangat mendukung gerak kaki Anda. Maka dari itu, Anda sangat direkomendasikan untuk memilih sepatu running yang memiliki kelenturan yang sempurna dengan bentuk kaki Anda agar kaki Anda tidak keseleo ketika sedang melakukan kegiatan olahraga lari ini. Namun, hampir semua sepatu running ini memiliki kelenturan yang cukup sempurna sehingga Anda dapat memilih sendiri sepatu running merk apa yang Anda sukai sebelumnya.

4. Pilih Sepatu Running Dengan Model Bentuk Kaki Anda

Setelah memilih bantalan dan kelenturan sepatu, selanjutnya adalah mencari sepatu running dengan model bentuk yang sesuai dengan kaki Anda. Terdapat 3 model bentuk kaki pada umumnya. Diantaranya adalah :

Over Pronation : Memiliki ciri bentuk telapak kaki yang miring ke arah dalam Under Pronation : Memiliki ciri bentuk telapak kaki yang miring ke arah luar Normal Pronation : Memiliki ciri bentuk telapak kaki yang normal dan menapak di permukaan


Nah, itulah beberapa model bentuk kaki pada umumnya. Anda tidak mengetahui model bentuk kaki Anda ? Untuk itu, Anda perlu melakukan tes sederhana untuk mengetahui model bentuk kaki Anda dengan cara membasahi kaki Anda lalu tapakkan kaki Anda di permukaan dan lihatlah tetesan air pada kaki Anda untuk mengetahui model bentuk kaki Anda.

5. Memilih Sepatu Running Dengan Ukuran Yang Lebih Besar Daripada Ukuran Sepatu Biasanya

Karena sepatu running ini digunakan dalam beraktifitas olahraga yang cukup berat, maka Anda disarankan untuk memilih sepatu running dengan ukuran yang lebih biasa daripada ukuran sepatu Anda biasanya. Ya, memang dengan melebihi ukuran sepatu running ini guna meminimalisir kelecetan pada kaki Anda akibat terlalu mepetnya kaki Anda dengan sepatu Anda. Maka dari itu, untuk meminimalisir kelecetan pada kaki akibat dari penggunaan sepatu running yang digunakan cukup lama dalam berlari, maka Anda disarankan untuk memilih sepatu running dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan ukuran sepatu biasanya yang Anda gunakan.

6. Mencoba Terlebih Dahulu Sepatu Running Yang Telah Anda Pilih

Anda disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sepatu running yang telah Anda pilih tersebut. Tujuannya adalah agar kaki Anda dapat menyesuaikan dengan model bentuk kaki Anda. Selain itu, dengan mencoba terlebih dahulu sepatu running yang telah Anda pilih ini maka Anda dapat mencoba bantalan sepatu running tersebut apakah sesuai dengan tingkat kenyamanan yang Anda inginkan atau masih belum menemukan kenyamanan dari sepatu running yang telah Anda pilih tersebut.

7. Menyesuaikan Dengan Medan Jalan Berlari Anda

Nah, tips paling penting dalam memilih sepatu running ini adalah memilih sepatu running untuk medan berlari Anda nantinya. Jikalau Anda ingin mencoba sensai berlari di gunung, maka Anda dapat memilih sepatu trail running yang memiliki outsole yang berbeda dengan sepatu running untuk medan di jalan raya atau sejenisnya.

Maka dari itu, sebelum memilih sepatu running ini maka perhatikan terlebih dahulu Anda ingin melakukan kegiatan berolahraga lari ini di medan jalan yang bagaimana guna menentukan jenis sepatu running yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah informasi perihal sepatu running yang perlu untuk Anda ketahui sebelum membeli sepatu running yang cocok untuk Anda.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.