5 Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Orang Awam
5 Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Orang Awam

5 Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Orang Awam

Tips Belajar Mengendarai Mobil Metic 1. Pahami Posisi Tuas Transmisi tips mengendarai mobil matic yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu posisi tuas transmisi pada mobil matic yang akan Anda kendarai. Memang, transmisi automatic ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti triptonic, manumatic, dan lain sebagainya. 2. Perhatikan posisi pendal kaki


Tokohsebelah.com- Banyak orang yang menilai bahwa mengendarai mobil matic ini terbilang susah susah gampang karena tentu berbeda dengan mengendarai mobil dengan transmisi manual. Oleh karena itu, kami akan mengulas tentang beberapa tips tips mengendarai mobil matic agar Anda dapat terbiasa mengendarai mobil bertransmisi automatic.

Memang, berbagi tips tips mengendarai mobil matic ini terlihat sepele bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi manual. Namun, tetap saja Anda wajib memperhatikan beberapa tips tips mengendarai mobil matic ini agar Anda tidak salah ketika mengemudikan mobil bertransmisi matic sehingga Anda tetap safety riding ketika berkendara dengan menggunakan mobil bertransmisi automatic ini.

Nah, di Indonesia sendiri pun kini telah banyak beredar mobil mobil dengan pilihan transmisi automatic. Namun, masih banyak sekali pengemudi pengemudi yang masih awam pengetahuan terkait cara mengendarai mobil matic ini. Maka dari itu, ini lah beberapa tips tips mengendarai mobil matic yang perlu untuk Anda ketahui bersama. Diantaranya adalah :

Tips Belajar Mengendarai Mobil Metic


1. Pahami Posisi Tuas Transmisi

tips mengendarai mobil matic yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu posisi tuas transmisi pada mobil matic yang akan Anda kendarai. Memang, transmisi automatic ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti triptonic, manumatic, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu jenis mobil matic yang Anda kemudikan dan kemudian kenali juga posisi tuas transmisi matic mobil tersebut karena tentunya berbeda mobil maka berbeda pula tuas transmisi mobil yang satu dengan yang lainnya tersebut.

2. Perhatikan Posisi Pedal Kaki

Setelah Anda mengenal tentang posisi tuas transmisi mobil tersebut, maka selanjutnya adalah perhatikan posisi pedal kaki. Ya, inilah yang membedakan antara mobil bertransmisi manual dengan mobil bertransmisi automatic. Pada mobil bertransmisi matic ini hanya ada dua pedal yakni pedal gas dan pedal rem sehingga Anda lebih leluasa menggunakan kedua kaki Anda untuk menginjak salah satu pedal mobil tersebut. Jadi, Anda tak perlu capek capek ketika mengendarai mobil dengan pilihan transmisi automatic tersebut.

3. Selalu Injak Pedal Rem Terlebih Dahulu Sebelum Memindahkan Tuas Transmisi

Nah, berbeda dengan menggunakan mobil bertransmisi manual yang tak perlu menginjak pedal rem ketika akan melakukan oper transmisi, mobil dengan transmisi matic ini Anda wajib menginjak pedal rem terlebih dahulu sebelum mengoper transmisi. Hal ini bertujuan untuk menghindari bilamana mobil Anda akan melaju tak terkendali.

4. Perhatikan Jalan Tanjakan

Salah satu kekurangan ketika mengemudi menggunakan mobil bertransmisi automatic ini adalah perlu sebuah trik ketika mengemudi di jalanan menanjak. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa mobil matic ini akan terlihat susah ketika berada di medan jalanan yang menanjak. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk mengganti posisi transmisi mobil matic pada tuas yang paling bawah atau letaknya di huruf L atau 2.L. Ya, posisi ini hampir sama dengan transmisi gigi 1 pada mobil transmisi manual dan kemudian injak pedal gas secara perlahan agar mobil tidak terjun bebas ke bawah. Langkah ini memang perlu Anda kuasai ketika Anda sedang mengemudikan mobil di medan jalan yang memiliki tanjakan dan turunan yang curam sehingga bagi Anda yang masih belajar mobil menggunakan mobil matic sangat tidak disarankan mengemudikan mobil matic di area medan jalan yang seperti ini.

5. Gunakan Tombol Hold Untuk Menghemat Bahan Bakar

Salah satu kekurangan dari mobil bertransimi automatic ini adalah cukup boros pada penggunaan bahan bakar sehingga beberapa pabrikan pun mulai menggunakan terobosan teknologi untuk menghemat bahan bakar. Maka dari itu, Anda dapat menekan tombol hold pada mobil Anda untuk menghemat bahan bakar. Namun, tidak semua jenis mobil matic ini memiliki teknologi penghemat bahan bakar ini. Hanya mobil keluaran terbaru saja yang memiliki teknologi tombol hold penghemat bahan bakar.

Nah, itulah beberapa tips tips mengendarai mobil matic yang perlu untuk Anda ketahui sebelum Anda mengendarai mobil matic sehingga menghindarkan anda dari bahaya kecelakaan.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.