Tempat Yang Sering Dikunjungi Saat Umroh
Tempat Yang Sering Dikunjungi Saat Umroh

Tempat Yang Sering Dikunjungi Saat Umroh

5 Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Ketika Umroh 1. Masjid Al Haram dan kakbah Salah satu tempat yang pasti dikunjungi oleh banyak orang ketika melaksanakan ibadah umrph adalah masjid al haram dan juga kakbah. Kedua tempat tersebut terletak pada kota Mekah yang dimana tempat tersebut merupakan tempat untuk melakukan ibadah umroh.


Tokohsebelah.com-Sebagai umat Islam kita harus melaksanakan yang namanya rukiun Islam seperti syahadat, sholat, puasa, zakat dan yang terakhir adalah melaksanakan haji. Jika mungkin mengucapkan syahadat irtu sangatlah mudah, dan melakukan sholat juga tidak begitu berat, begitupun halnya dengan nmelakukan puasa dan zakat. Dari keempat rukun Islam tersebut, mungkin ada salah satu yang mungkin sulit untuk kita lakukan, karena ibadah yang satu ini membutuhkan biaya yang sangat besar untuk melakukannya. Dan ibadah tersebut yang menjadi rukun Islam selanjutnya adalah melaksanakan ibadah Haji. Melaksanakan ibadah haji kita harus mampu mengeluarkan minimal uang sejumlah 50-100 juta untuk pergi melaksanakan haji. Memang terlihat sangatlah mahal, namun sebenarnya jika kita niat ibadah tersebut karena Allah, maka Allah akan memudahkan jalan kita menuju tempat tersebut.

Melaksanakan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, maka barangsiapa yang mampu untuk melaksanakan ibadah haji namun ia tidak melaksanakannya maka hukumknya adalah dosa. Sehingga jika mampu maka laksanakanlah perintah Allah. Namun bagi Anda yang belum mampu buntuk melakukan ibadah haji, Anda masih bisa melakukan ibadah lainnya yang hanpir sama dengan melakukan ibadah haji yaitu adalah umroh. Ibadah umroh adalah ibadah yang dilakukan kapan saja waktunya, dan biaya untuk melakukannya pun juga tidak terlalu mahal. Dengan modal sekitar 25 juta saja bisa melakukan ibadah umroh. Dan untuk waktunya pun. Ibadah umroh ini sangatlah fleksibel bisa dilakun pada hari apa saja. berbeda dengan ibadah haji, yang dilakukan pada hari raya Idul Adha.

Jika kita sedang melakukan ibadah umroh, biasanya jika selain hanya untuk ibadah. Namun juga sekalian sebagai liburan yang dilakukan sambil beribadah. Biasanya setelah kita selesai melakukan umroh, maka kita melanjutkan perjalalanan kita untuk melakukan liburan disana. Dan ada beberapa yang sering dikunjungi ketika melakukan umroh. Dan tempat tersebut adalah :

5 Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Ketika Umroh

1. Masjid Al Haram dan kakbah

Salah satu tempat yang pasti dikunjungi oleh banyak orang ketika melaksanakan ibadah umrph adalah masjid al haram dan juga kakbah. Kedua tempat tersebut terletak pada kota Mekah yang dimana tempat tersebut merupakan tempat untuk melakukan ibadah umroh. Jika kita tahu bahwa Al Haram merupakan tempat yang dimana kita melakukan sholat ditempat tersebut. dan sedangkan untuk Kakbah merupakan utama untuk kita melakukan tawaf. Jadi ketika Anda melakukan ibadah umroh, Anda harus mengunjungi tempat tersebut, agar ibadah umroh Anda dapat diterima dan sah. Sekalian juga Anda bisa berlibur disana.

2. Shafa dan Marwa

Bukit shafa dan marwa merupakan tempat yang harus dikunjungi lainnya ketika melakukan ibadah umroh. Bukit ini merupakan bukit yang terletak di kota Mekkah. Bukit shafa tersebut merupakan suatu tempat untuk kita melakukan ibadah Sai, yaitu dengan cara raml atau yang sering kita sebut dengan lari-lari kecil hingga kita berjalan biasa lagi. Sedangkan untuk bukit marwa merupakan tempat untuk kita melakukan Tahalul, atau juga kita bisa menyebutnya dengan mencukur. Oleh sebab itu kedua tempat itu wajib bagi kita untuk mengunjunginya.

3. Bir 3 (BirAli dan Tanim)

Tempat untuk melakukan miqot atau tempat untuk pertama kali melakukan ibadah umroh adalah bir Ali dan Tanim.sehingga jika kita pertama melakukan ibadah umroh, maka tempat  yang bisa kita kunjungi adalah bir Ali dan Tanim. Ketika kita melakukan ibadah umroh seperti miqot maka kita diwajibkan untuk berpakaian ihram dan juga membaca niat untuk melakukan umrah tersebut. perbedaan tempat tersebut mempunyai perbedaan yang terletak pada tempatnya. Seperti misalnya untuk Bir Ali terletak di kota Madinah dan yang dimana tempat tersebut merupakan syarat utama untuk melakukan ibadah umrah. Dan sedangkan Tanim terletak pada kota Mekkah yang dimana merupakan sunnah Umrah atau juga merupakan syarat kedua umrah.

4. Masjid Nabawi

Masjid yang sangat megah ini terletak di kota Madinah. Dimasjid nabawi tersebut meru[akan tempat pertama kali kita untuk melakukan ibadah sholat subuh. Dan selain untuk  melakukan sholat subuh, biasanya tempat ini dilakukan untuk melakukan berbagai persiapan umrah. Sehingga tempat ini juga wajib yang harus Anda kunjungi ketika kita melakukan ibadah umrah.

5. Raudhoh

Tempat lainnya yang harus kita kunjungi lainnya ketika melakukan ibadah umrah adalah raudhoh. Roudhoh merupakan tempat untuk berziarah, sehingga kita jangan sampai juga melewatkan tempat tersebut ketika kita juga sedang melakukan ibadah umrah. Raudhoh ini merupakan salah satu ruangan di Masjid nabawi yang sering banyak dikunjungi oleh jamaah haji maupun umrah, yang juga sering digunakan untuk memanjatkan doa . Tempat tersebut terletak di antara kamar Nabi Muhammad SAW dan juga terletak pada mimbar untuk berdakwah. Tempat tersebut merupakan tempat yang sangat ramai dan tidak pernah sepi dikunjungi oleh jamaah. Sebab tempat ini diyakini sebagai tempat yang pa;ing makbul untuk memanjatkan doa. Sehingga ketika orang-orang mempunyai doa khusus, mereka akan mendatangkan tempat ini dan memanjatkan doa yang diinginkan.

Itu beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh jamaah ketika melakukan ibadah umrah. Masih banyak tempat lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika melakukan ibadah umrah. Dan tentunya tempat-tempat tersebut mempunyai keistimewaannya masing-masing. Jadi ketika Anda belum mampu untuk melakukan ibadah haji, maka lakukanlah terlebih dahulu ibadah umrah dan kunjungi beberapa tempat tersebut. agar hati Anda tergerak lagi untuk datang untuk melakukan ibadah haji.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.