SMK Penuh Cerita (Suka Duka Ku Di SMK Selama 3Thn)
SMK Penuh Cerita (Suka Duka Ku Di SMK Selama 3Thn)

SMK Penuh Cerita (Suka Duka Ku Di SMK Selama 3Thn)

Simak yaa berikut pengalaman berkesan saya selama menempuh pendidikan dibangku SMK. 1. Saya diterima di SMK negeri yang memang saya inginkan Semenjak saya lulus dari Sekolah dasar, Saya mendapat balasan dari apa yang telah saya perbuat selama berada di Sekolah Dasar.


Tokohsebelah.com- Banyak kenangan yang tercipta dibangku sekolah, entah itu pahit, manis , mengenai tugas, kisah - kasih, persahabatan , dll. Mungkin sebagian dari Anda juga pernah atau masih sedang  mengenyam pendidikan ditingkat smk. Tentu belum banyak orang yang mengetahui perbedaan yang signifikan antara pendidikan pada tingkat SMA dengan SMK. Dalam segi waktu yang harus ditempuh antara keduanya sama, yakni 3 tahun lamanya.

Dalam kesetaraan tingkat pun juga sama, hanya perbedaan yang amat signifikan pada proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan. tuntutan output dilingkungan masyarakat. Pada siswa yang mengenyam pendidikan dengan memilih jenjang SMK , mereka dituntut untul menguasai dan menerapkan keahlian yang telah dipilihnya. Dalam proses didalam pembelajaran juga berbeda, siswa SMK lebih banyak presentase ke dalam pembalajaran berbasis praktik dibandingkan teori. Dan sebaliknya untuk siswa pada jenjang sma , mereka lebih banyak dalam pembelajaran yang berbasis teori. Pada komitmen atau tujuan didirikannya SMK salah satunya adalah memperkenalkan siswa kepada dunia kerja sesungguhnya, membekali mereka dengan keahlian dari dasar hingga dapat membuat atau merancang suatu produk secara mandiri dari hasil kerja keras mereka sendiri. Juga yang paling banyak orang tau adalah dalam jenjang SMK terdapat kegiatan magang atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan PKL (praktik kerja lapangan).

Masing-masing sekolah memiliki kebijakan berbeda terhadap waktu atau berapa lama siswa - siswi nya menempuh program PKL . Ada yang satu bulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan terdapat sekolah yang memiliki kebijakan kegiatan PKL dilakukan selama 1 tahun lamanya. Biasanya kegiatan PKL tidak hanya diberlakukan untuk industri yang masih satu wilayah atau kota dengan sekolah. Terdapat juga siswa yang ditempatkan di luar kota, hingga luar provinsi , sehingga membuat siswa - siswi SMK lebih banyak mengetahui dan memahami langsung bagaimana kerasnya dunia kerja yang sesungguhnya. Dan pengalaman yang saya rasakan selama mengenyam pendidikan SMK selama 3 tahun juga banyak memiliki cerita dan kenangan. Cerita pahit, pilu, manis, bahagia, semua bersatu padu didalam jenjang pendidikan SMK yang telah saya alami.

Simak yaa berikut pengalaman berkesan saya selama menempuh pendidikan dibangku SMK.


1. Saya diterima di SMK negeri yang memang saya inginkan
Semenjak saya lulus dari Sekolah dasar, Saya mendapat balasan dari apa yang telah saya perbuat selama berada di Sekolah Dasar. Saya terlalu menghabiskan waktu saya untuk bermain, tidak serius ketika menghadapi ujian nasional, pulang kembali kerumah jarang tepat waktu ,dll. Sehingga membuat hasil ujian nasional saya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Saya sudah mencoba mendaftar di SMP negeri yang saya inginkan, tetapi tidak ada satupun yang berhasil saya masuki. Dan pada akhirnya saya diterima di SMP swasta. Pada saat situasi tersebut saya sangat tertekan , dan sangat down sekali karena telah mengecewakan kedua orang tua saya. Hingga saya bisa berusaha meraih prestasi kembali pada kelas 7 dan 9 , menjadi peringkat pertama dan kedua. Dan keterpurukan saya tersebut bisa saya patahkan dengan berhasilnya saya mendapatkan atau diterima diSekolah yang saya inginkan.

2. Pertama kali bulatkan niat untuk berhijab
Sebenarnya pada waktu awal pendaftaran saya sudah memikirkan dan berkeinginan untuk mulai berhijab. Mengingat sejak saya mulai duduk dibangku sekolah dasar saya tidak pernah mengenakan hijab untuk keseharian saya. Dan saya pada saat itu seperti diberikan hikmah dan hidayah oleh Allah swt untuk mencoba secara perlahan tapi pasti untuk menutup aurat. Cobaan ketika ingin berhijrah kedalam jalan yang benar itu tidak mudah, dan ada saja godaan dan cemooh an orang yang membuat kita merasa diuji iman dan kesabarannya.

Karena saya sebelumnya tidak pernah memahami betul teknik berhijab yang benar dan rapi, saya banyak mendapat kritikan yang membuat saya down.
Apalagi membandingkan look saya ketika berhijab dan tidak ,itu sangat membuat hati saya sangat diuji. Tetapi seiring berjalannya waktu, dengan tekad dan buah dari kesabaran alhamdulillah saya dapat bertahan menggunakan hijab hingga saat ini . Bagi teman-teman yang dalam tahap proses mulai mengenakan hijab, tidak perlu memperdulikan semua perkataan negatif orang yang datang kepada kita, apabila niat kita memang tulus dan karena ingin berubah menjadi lebih baik insya allah kita bisa bertahan dan dapat melaluinya.

3. Keseruan mengikuti kegiatan Exkul PMR
Sebenarnya pada saat saya masuk di SMK, dan ada peraturan bahwa wajib mengikuti exkul, saya sudah memiliki banyak pilihan beberapa exkul yang akan saya ikuti. Tetapi pada akhirnya saya memilih exkul teater. Setelah saya jalani ternyata tidak sesuai dengan ekspetasi saya ketika mengikuti kegiatan exkul teater sewaktu SMP. Dan pada suatu hari saya mengetahui teman saya mengikuti exkul PMR. Dari awal sebenarnya tidak ada keseriusan dalam mengikuti exkul ini. Tetapi, karena saya mau berubah, dan selalu hadir ketika pertemuan exkul, akhirnya saya terpilih mewakili sekolah dalam agenda Diklatsar yang dilakukan di UM. Walaupun saya tidak berhasil mendapat gelar juara, tetapi mendapat teman baru, pengalaman baru itu membuat saya dapat mengambil hikmah atas kekalahan saya.

4. Pertama kali mengendarai motor
Ketika saya sudah berusia 17 tahun, saya diperbolehkan untuk mengendarai motor sendiri ke sekolah. Pada awal mula saya bisa berkendara, saya sedikit mengalami kekhawatiran dan keraguan. Sehingga ketika sedang mengendarai sepeda motor, saya berusaha untuk hati-hati dan bahkan membuat tangan saya menjadi tegang ketika berkendara.

5. Kecelakaan tunggal
Setalah hampir beberapa bulan saya diperbolehkan membawa kendaraan, saya mengalami musibah kecelakaan tunggal. Hingga membuat seragam saya sudah tidak dapat terpakai lagi, hijab saya sudah berlumuran dengan darah , dan mengharuskan saya untuk menjahit luka yang terdapat pada bibir bagian dalam saya. Dan tidak hanya itu sepeda saya banyak sparepart yang patah, tergores. Kecelakaan yang saya alami ini disebabkan karena saya yang tergesa-gesa menghindari hujan saat melewati tikungan dan saya lepas kendali hingga membuat saya terjatuh tertimpa sepeda motor. Beruntungnya tidak ada korban jatuh lagi selain saya,  dan Pengalaman ini membuat saya sedikit trauma dan menjadi lebih berhati-hati dalam mengendarai sepeda motor.

6. Pengalaman PKL di UB
Jadwal PKL saya yaitu pada saat kelas 11. Dan saya mendapatkan tempat PKL di Universitas Brawijaya di sebuah difisi jaringan dan pengelolaan maintenance komputer. Pengalaman ini sangat berkesan bagi saya, karena saya dapat merasakan dan mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya. Dan juga saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru dalam perbaikan jarin gan langsung pada sumber dan alat, maupun perbaikan software yang bermasalah.

Nah itu dia sepenggal dari pengalaman menarik, unik, sedih, yang saya alami semasa saya duduk dibangku SMK. Ambil hikmah positif dari cerita saya, dan buang jauh-jauh yang negatif dari cerita saya. Semoga bermanfaat :)
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.