Penyebab Tubuh Lemas Dan Badan Terasa Dingin Saat Puasa
Penyebab Tubuh Lemas Dan Badan Terasa Dingin Saat Puasa

Penyebab Tubuh Lemas Dan Badan Terasa Dingin Saat Puasa

Tokohsebelah.com-Tidak terasa jika bulan Ramadhan sudah ada didepan kita. Alhamdulillah karena kita masih diberikan kesempatan untuk bisa merasakan Ramadhan. Ramdhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di Indonesia. Karena banyak berkah dan pahala yang bisa kita cari dibulan Ramadhan. Selain itu pada bulan Ramadhan ini pula semua pahala akan dilipat gandakan. Sehingga banyak para umat muslim yang berbondong-bondong untuk melakukan kebaikan. Namun tidak banyak pula juga memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk bermalas-malasan.

Banyak juga yang beralasan karena puasa sehingga malas untuk melakukan aktivitas atau kegiatan lainnya. Padahal meskipun kita sedang berpuasa sehari penuh, namun tetap kita masih mempunyai energi untuk bisa melakukan kegiatan lainnya yang terpenting tidak berlebihan. Untuk itu tidak jarang kita sering menemukan beberapa masalah ketika sedang berpuasa. Ada banyak masalah yang terjadi ketika kita berpuasa yang sering banyak orang alami. Masalahyang timbul tersebut bukan karena kita berpuasa namun kegiatan yang kita lakukan selama berpuasa. Karena puasa sendiri sebenarnya dapat membuat tubuh kita sehat dan bugar. Karena pada saat kita berpuasa semua diatur dengan baik, dari mulai pola makan, makanan yang baik pada saat berbuka sahur maupun berbuka, teraturnya waktu makan dan lain sebagainya.

Sehingga jika menemukan masalah ketika berpuasa, maka yang salah bukan dari bpuasanya namun dari diri kita sendiri. Karena banyak sekali hal-hal yang lalai kita lakukan selama bulan puasa. Sehingga sebisa mungkin kita menghindari hal yang demikian, agar kita bisa melakukan puasa secara khusyuk dan tertib. Agar kita tidak menemukan masalah selama bulan puasa. Salah satu masalah yang sering timbul ketika puasa adalah tubuh lemas dan dingin. Kedua masalah tersebut sering dialami oleh kebanyakan orang yang berpuasa. Hal ini dikarenakan mereka tidak bisa menggunakan waktu yang baik selama bulan puasa. Dan selain itu ada juga penyebab bisa terjadinya masalah tersebut. Salah satu penyebab tubuh mudah lemas ketika puasa yaitu antara lain adalah :

1. Terlalu banyak makan ketika sahur
Ketika kita ingin melakukan ibadah puasa maka kita disunnahkan untuk melakukan sahur terlebih dahulu. Karena agar tubuh kita bisa terus berenergi selama menjalankan aktivitas ataupun kegiatan selama berpuasa. Namun dalam hal ini lalu kita melakukan sahur dengan cara yang salah. Salah satu cara sahur yang salah adalah memperbanyak makan. Mungkin kita akan menganggap bahwa ketika kita sahur dengan jumlah yang banyak maka kita akan terus merasa kenyang dan berenergi sehingga tubuh tidak akan lemas. Hal ini tentu salah, karena ketika kita sahur dengan makan yang banyak malah akan membuat kita cepat lemas. Karena ketika kita makan makanan yang banyak, maka tubuh tidak akan bisa memprosesnya dengan baik sehingga tubuh akan bekerja dengan lamban. Dan hal ini akan membuat tubuh mudah cepat lemas. Sehingga tentukan porsi makan yang sedang-sedang saja. sebab itu sudah cukup untuk energi kita selama sehari penuh. Yang terpenting adalah kita tidak sedang melakukan aktivitas yang sangat berat, maka kita tidak akan menemukan masalah ketika sahur dengan porsi sedang.

2. Sedikit makan ketika sahur
Jika dengan banyak makan dapat membuat tubuh kita menjadi lemas, maka hal lain yang bisa membuat tubuh kita lemas saat puasa adalah terlalu sedikit makan. Jika terlalu banyak makan dapat membuat tubuh kita lemas maka hal ini juga berlaku ketika kita makan makanan dengan jumlah sedikit. karena ketika kita makan makanan dengan jumlah yang sedikit maka tubuh tidak akan cukup mendapatkan energi, sehingga pada siang hari tubuh sudah terasa lemas. Untuk menghindari hal yang demikian maka Anda harus makan sahur dengan porsi yang sedang yaitu tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.

3. Kurang minum air putih
Hal lainnya yang dapat membuat tubuh kita lemas saat puasa adalah ketika kita tidak banyak minum air putih. air putih itu sangatlah baik unytuk tubuh, sebab air putih adalah pengganti cairan tubuh ketika hilang. Apalagi ketika puasa, maka banyak cairan tubuh yang hilang. Oleh sebab itu banyak dianjurkan ketika berpuasa maka perbanyak minum air putih yaitu sebanyak 8 gelas sehari seperti pada hari biasanya. Apalagi ketika kita sedang sahur, ketika kita sahur maka dianjurkan untuk minum sebanyak 2-3 gelas air putih. agar tubuh kita selalu terisi cairan agar tubuh tidak mudah lemas ketika berpuasa.

4. Sering tidur ketika puasa
Kegiatan yang sering kita lakukan ketika berpuasa adalah banyak tidur. Pada saat puasa maka kita akan cenderung lebih malas untuk melakukan kegiatan, sehingga kita akan menggunakan waktu kita tersebut untuk bermalas-malasan yaitu dengan tidur. Dengan tidur ini pula kita menganggap bahwa tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun. Padahal hal ini sangatlah salah, justru karena kita sering banyak tidur, maka tubuh akan cepat lemas. Sehingga kita tidak akan memiliki energi selama puasa. Untuk itu hindari btidur yang terlalu sering ketika berpuasa.
Itu tadi beberapa penyebab tubuh lemas saat puasa, banyak penyebab lainnya yang dapat memicu tubuh lemas saat puasa.

Penjelasan diaats adalah beberapa masalah dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia ketika berpuasa. Lalu untuk masalah lainnya seperti tubuh dingin saat puasa, bagaimana penyebabnya. Penyebab tubuh dingin ketika puasa, juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dan sebanrnya hal ini sudahlah biasa. Karena memang pada saat puasa maka tubuh kita akan sangat rentan terjadi sesuatu misalmnya kedinginan. Lalu sedbenarnya apa penyebab tubuh dingin saat berpuasa?? Penyebabnya yaitu antara lain adalah :

A. Bekerja atau melakukan aktivitas di ruangan ber AC
Salah satu penyebab tubuh kedinginan saat puasa adalah jika kita melakukan aktivitas atau sedang bekerja di ruangan yang ber Ac. Pada saat puasa maka tubuh akan mudah terkena  sesuatu seperti udara dingin maupun panas. Sehingga jika kita mendapatkan suasana dan keadaan yang sedang dingin maka kita akan kedinginan juga. Sehingga saran yang baik ketika kita sedang bekerja atau melakukan aktivitas diruangan ber Ac adalah kita sebaiknya menggunakan pakaian yang hangat dan tebal. Usahakan pakaian yang kita kenakan terbuat dari bahan yang hangat sehingga tubuh kita tidak akan kedinginan saat puasa.

B. Cuaca yang dingin
Penyebab lainnya yang bisa terjadi ketika tubuh kita kedinginan saat bpuasa adalah karena cuaca yang sedang dingin. Cuaca yang dingin bisa saja membuat tubuh kita dingin, apalagi ketika kita sedang berpuasa. Maka saat cuaca dingin seperti itu pakailah jaket dan juga pakaian yang hangat dan tebal. Untuk menghindari tubuh kedinginan saat berpuasa.

C. Melakukan aktivitas yang berlebihan
Ternyata melakukan aktivitas yang berlebihan dapat memicu tubuh kedinginan juga saat puasa. Karena kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara berlebihan akan membuat energi terkuras lebih cepat dan banyak. Sehingga tubuh akan kehilangan metabolismenya untuk melindungi dari berbagai masalah yang terjadi, salah satunya dingin. Oleh karena itu hindari aktivitas yang berlebihan ketika sedang puasa.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.