Pengalaman Saya Ketika Belum Menjadi Penulis Sampai Jadi Penulis
Pengalaman Saya Ketika Belum Menjadi Penulis Sampai Jadi Penulis

Pengalaman Saya Ketika Belum Menjadi Penulis Sampai Jadi Penulis

Kreatif dan inovatif Karena bisnis yang saya lakukan adalah menjadi seorang penulis, maka saya harus dapat kreatif dan juga inovatif. Jika saya tidak kreatif maka hasil tulisan saya tidak akan menarik sehingga pembaca tidak akan menyukainya. Jika hal itu terjadi maka akan berdampak pada keuntungan yang saya dapatkan.


Tokohsebelah.com- Sebelum saya mengawali karir saya menjadi seorang penulis artikel, dulu saya pernah melakukan bisnis lain. Tentu awal mula saya melakukan bisnis, saya terlebih dahulu menentukan ide dalam berbisnis. Ide bisnis ini sangat penting dalam membangun bisnis saya. 

Karena dengan adanya ide bisnis tersebut maka saya dapat menentukan jenis bisnis yang cocok untuk diri saya sendiri. Awalnya saya masih bingung untuk melakukann bisnis apa. Sebab sekarang banyak persaingan yang begitu ketat. Akhirnya saya menemukan jenis usaha yang cocok untuk saya dengan adanya ide bisnis tersebut. Saya awalnya melakukan bisnis pulsa. Sebab waktu itu saya masih kuliah, jadi saya pikir bisnis ini akan cocok dengan saya seorang mahasiswa. Tiap kali saya mengisi saldo, saya paling hanya dapat mengisi minimal 200.000 saja. Dengan modal 200.000 tersebut ternyata saya bisa mendapat keuntungan yang lebih.

Meski kita tahu bahwa bisnis pulsa itu keuntungannya sebenarnya tidak begitu besar, namun jika kita melihat dari sisi lain maka kita dapat melihat bahwa sebenarnya bisnis pulsa ini sangat menguntungkan bagi kita seorang mahasiswa. Sebab kita bisa mempunyai uang jajan yang lebih, selain itu kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi bisa dianggap bisnis pulsa ini dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan. Saya melakukan bisnis pulsa ini selama kurang lebih 3 tahun. Saya memutuskan untuk berhenti melakukan bisnis ini karena saya memiliki bisnis yang jauh lebih menarik dan sangat berpotensi untuk ke depannya. Bisnis tersebut adalah bisnis artikel. Setelah saya berhenti dari bisnis pulsa saya akhirnya beralih menjadi penulis artikel.

Alasan kenapa saya beralih untuk menjadi penulis artikel adalah karena menjadi seorang penulis itu potensinya sangatlah besar. Jika hasil tulisan kita bagus dan menarik maka tentu karya kita tersebut dapat dijual belikan dan bahkan artikel kita tersebut dapat bernilai mahal. Salah satu keuntungan menjadi seorang penulis adalah yang pasti kerjanya santai namun untungnya besar.

Sebelum saya memulai suatu bisnis maka tentu saya tidak melakukannya begitu saja. untuk memulai suatu bisnis saya butuh perencanan dan pertimbangan yang matang. Sama halnya dengan melakukan bisnis artikel. Sebelum saya memulai menjadi seorang penulis artikel. Tentu saya tidak melakukannya begitu saja, namun saya memperhatikan beberapa hal untuk memulai bisnis. Hal-hal yang saya perhatikan sebelum saya memulai bisnis adalah :

Melakukan perencanaan
Untuk memulai suatu bisnis maka butuh adanya perencanaan. Hal itu sama seperti yang saya lakukan sebelum menjadi penulis artikel. Dulu sebelum saya melakukan bisnis tersebut, saya merencanakan terlebih dahulu. Yaitu dengan memerhatikan peluang, potensi serta keuntungan yang akan saya dapatkan. Jadi sebelum saya menjadi penulis artikel maka saya melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Melihat peluangnya
Sebelum saya memulai bisnis artikel tersebut maka saya melihat peluagnya terlebih dahulu. Apakah peluang bisnis tersebut besar atau kecil. Jika peluangnya besar maka keuntungannya yang akan kita dapatkan juga besar. Begitupun sebaliknya jika peluangnya kecil maka keuntungan yang kita dapatkan kecil pula. Sehingga sebelum memulai bisnis biasanya saya melihat peluangnya terlebih dahulu.
Potensi bisnis tersebut

Hal yang saya lakukan selanjutnya sebelum memulai suatu bisnis adalah melihat potensi bisnis tersebut. Adakah potensi dalam bisnis tersebut, serta besar atau kecil potensi yang timbul. Karena potensi itu sangat penting dalam suatu bisnis, sebab dengan adanya potensi bisnis maka kita juga dapat mengetahui apakah bisnis tersebut bisa berkembang atau tidak.
Setelah saya melakukan hal-hal yang perlu saya lakukan untuk memulai bisnis. Setelah saya yakin dengan bisnis yang saya jalankan. Maka saya juga harus dapat melakukan beberapa strategi dalam berbisnis. Strategi bisnis ini dilakukan agar bisnis saya dapat berjalan dengan lancar serta dapat mengalami perkembangan. Ada beberapa strategi bisnis yang saya lakukan untuk usaha saya tersebut, strategi bisnis yang saya lakukan tersebut antara lain adalah :

Kreatif dan inovatif
Karena bisnis yang saya lakukan adalah menjadi seorang penulis, maka saya harus dapat kreatif dan juga inovatif. Jika saya tidak kreatif maka hasil tulisan saya tidak akan menarik sehingga pembaca tidak akan menyukainya. Jika hal itu terjadi maka akan berdampak pada keuntungan yang saya dapatkan. Selain kreatif, saya juga harus bisa inovatif agar dapat menghasilkan karya-karya yang menarik dan bermanfaat lagi.

Mampu mencapai target
Strategi yang saya lakukan dengan bisnis yang saya jalankan adalah saya harus mampu mencapai target. Sebab untuk menjadi penulis biasanya kita ditarget untuk bisa menghasilkan suatu karya yang sudah ditentukan. Misalnya tiap bulan harus dapat menghasilkan karya tulis sebanyak 100 artikel. Maka saya harus dapat menghasilkan karya tulis sebanyak 100 dalam satu bulan. Bahkan jika bisa sebelum waktu yang ditentukan maka saya harus sudah selesai.

Bekerja keras
Jangan salah meskipun menjadi penulis terlihat gampang, namun kita harus juga bisa bekerja keras. Karena seperti diatas, jika dalam sebulan harus dapat menghasilkan 100 artikel maka tentu tiap hari kita harus bisa lebih posting 3 artikel. Hal itu juga yang saya lakukan. Saya harus dapat bekerja keras agar bisa mencapai target.

Bisnis artikel ini juga merupakan salah satu bisnis UKM. UKM merupakan bisnis usaha kecil menengah. Salah satu contoh bisnis UKM adalah yang seperti saya jalankan sekarang yaitu menjadi penulis artikel. Banyak contoh bisnis UKM lainnya. Namun saya lebih memilih bisnis artikel sebab kerjanya lebih santai tapi untungnya besar.
Mungkin menjadi penulis artikel juga bisa dibilang seperti wirausaha. Karena setiap wirausaha tidak harus dengan jenis usaha yang seperti jualan maupun seperti wirausaha yang lainnya. Namun bisnis artikel juga bisa kita jadikan sebagai wirausaha, meskipun hanya wirausaha sampingan saja. Namun jika kita bisa sukses menjadi seorang penulis maka tentu saja kita bisa menjadi wirausahawan yang besar. hal itu tergantung tekad dan kerja keras kita.

Menjadi penulis artikel ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Sebab potensi untuk menjadi seorang penulis itu besar. Apalagi jika dapat menghasilkan suatu karya yang menarik pembacanya maka tentu saja kita akan mudah cepat berkemabang dan meraih banyak keuntungan. Itu salah satu alasan saya kenapa memilih menjadi penulis artikel selama kurang lebih hampir 2 tahun ini. Saya sudah banyak menghasilkan karya ilmiah yang saya kerjakan. Sudah banyak berbagai jenis artikel dengan konten yang berbeda-beda saya kerjakan. Dan banyak  juga yang sudah saya muat lewat berbagai situs seperti website, blok maupun situs lainnya. Jika anda ingin melihat hasil karya saya maka anda dapat mengunjunginya di danausaha.net, matapencaharian.com, www.tabelkredit.com, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun menjadi penulis itu kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Namun jenis usaha ini bukan termasuk jenis usaha besar melainkan jenis usaha kecil. Sebab menjadi penulis ini bisa dikatakan hanya sebagai usaha sampingan atau freelance. Jadi usaha ini jangan anda jadikan usaha tetap anda ya. Sebenarnya tidak masalah jika dijadikan sebagai usaha tetap namun harus perhatikan terlebih dahulu perkembangan menjadi penulis. Jika perkembangan anda bagus maka bisa saja anda jadikan sebagai usaha tetap atau besar namun jika hanya memenuhi standar saja maka usaha tersebut hanya sebagai usaha kecil saja.

Namun bagi anda yang tertarik untuk menjadi penulis atau bahkan anda juga seorang penulis yang ingin bekerja sama dengan saya untuk membantu anda dalam membuat artikel. Saya akan siap membantu dengan senang hati. Saya mampu membuat berbagai jenis artikel dalam konten apapun, serta saya mampu mencapai target yang ditentukan bahkan lebih serta saya juga mampu menghasilkan karya yang menarik dan tentu itu bebas dari copy-paste.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.