Keberkahan Memuliakan Anak Yatim-piatu
Keberkahan Memuliakan Anak Yatim-piatu

Keberkahan Memuliakan Anak Yatim-piatu

Keberkahan yang akan di dapatkan seseorang yang memuliakan anak yatim sangatlah besar, bahkan saking besar nya keberkahan dan keutamaan nya Memuliakan anak yatim

Tokohsebelah.com- Sebagai manusia yang baik, maka kita harus dapat bermanfaat untuk mereka. dan tentunya selalu melakukan hal kebaikan. Baik pada diri sendiri maupun orang lain. Ada banyak cara untuk kita bisa menjadi manusia yang baik dan bermanfaat salah satunya adalah dengan memuliakan anak yatim. Anak yatim adalah anak yang sudah ditinggal pergi oleh orang tuanya. Mungkin saja orang tuanya meninggal atau tiba-tiba pergi meninggalkan dirinya. Seorang anak dapat dikatakan anak yatim berdasarkan hukum Islam apabila anak tersebut sudah baligh atau dewasa. Jika anak sudah cukup umurnya, dan pada waktu itu ia nkehilangan orang tuanya, maka ia dapat dikatakan sebagai anak yatim. Setiap anak pasti tidak menginginkan menjadi anak yatim. Sebab keinginan untuk mempunyai orang tua lengkap sangatlah keinginan semua orang. Namun jika memang takdir berkata lain, bisa saja apa yang kita inginkan tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Oleh sebab itu kita yang masih mempunyai orang tua harus selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Selain itu juga jangan lupa dengan saudara kita yang tidak mempunyai orang tua.

Kita sesama manusia bahkan sesama muslim wajib untuk saling membantu dan memberi manfaat. Kita sebagai manusia yang baik harus dapat memuliakan anak yatim. Karena itu juga yang diajarkan oleh agama kita yaitu Islam untuk selalu menyantuni anak yatim. Karena ada hak-hak yang harus kita berikan juga kepada mereka. sehingga kita wajib sekali memuliakan anak yatim. Dengan kita memuliakan anak yatim, maka kita akan mendapatkan beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan. Keutamaan tersebut antara lain adalah :

Mendapat Pahala
Dengan Anda memuliakan anak yatim, maka Anda akan mendapatkan pahala. Dan hal ini juga sudah ditegaskan dalam sebuah surat didalam Al-quranbahwa kita wajib menyantuni anak yatim, dan barangasiapa yang bisa yang dapat melakukannya maka akan mendapat ganjaran. Dengan kita mendapatkan pahala maka kita sama saja mendapatkan bekal untuk akhirat kita.

Merupakan suatu kebaikan
Jika kita memuliakan anak yatim, maka sama saja kita juga sedang melakukan kebaikan. Memang manusia harus bisa bersikap baik kepada siapa saja khususnya kepada anak yatim. Kebaikan yang kita berikan kepada mereka bisa berwujud apa saja, seperti misalnya adalah hiburan, sumbangan ataupun juga bisa mengajarkan beberapa pengetahuan. Semua kebaikan apapun yang kita berikan akan sangat bermanfaat bagi mereka, dan kebaikan apapun meskipun itu sangat kecil. Maka kita akan mendapatkan pahala dari kebaikan yang kita berikan tersebut.

Hidup berkah
Salah satu keutamaan lainnya jika kita memuliakan anak yatim adalah kita akan mendapatkan keberkahan dalam hidup kita. Sebab apa yang kita berikan dan apa yang kita lakukan maka akan mendapatkan keberkahan dari sang pencipta. Seperti dalam sebuah istilah bahwa apa yang kamu beri maka itu nanti yang akan kamu dapatkan. Dan apa yang kamu lakukan maka itu yang akan terjadi pada dirimu. Sebuah istilah tersebut seperti mengingatkan kita untuk selalu berbuat baik kepada siapa saja, baik itu kepada anak yatim. Karena dengan kebaikan itu nanti akan manjadi berkah untuk kita sendiri. Dan cara untuk bisa menjadapat keberkahan itu adalah dengan memuliakan atau menyantuni anak yatim.

Hati menjadi tenang
Dan keutamaan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan memuliakan anak yatim adalah hati kita akan terasa tenang. Ketika kita dapat memberi, dapat membantu, dan dapat bermanfaat untuk orang lain khususnya kepada anak yatim yang sudah tidak memiliki orang tua, maka hati kita akan terasa tenang. Meskipun kita kehilangan sebagian dari milik kita misalnya sejumlah barang atau  beberapa uang karena diberikan kepada anak yatim, namun karena kita ikhlas dan senang. Maka percayalah Anda akan mendapatkan ketenangan hati dalam diri Anda. karena meskipun Anda kehilangan, namun Anda tidak benar-benar kehilangan itu semua. Semua akan ada penggantinya kelak, dan tentunya dengan jumlah yang lebih banyak.


• Itu tadi beberapa keutamaan jika kita memuliakan anak yatim atau menyantuni anak yatim. Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan yang bisa kamu temukan dan rasakan sendiri ketika Anda memuliakan anak yatim. Beberapa keutamaan diatas adalah keutamaan dari beberapa keutamaan yang mungkin Anda bisa dapatkan. Dari beberapa keutamaan diatas. Maka kita bisa mengambil kesimpulan. Bahwa memuliakan anak yatim itu adalah kewajiban kita selama kita juga mampu untuk menyantuninya. Tidak harus selalu materi yang bisa kita berikan dan lakukan untuk mereka. ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mereka. dan apapun yang Anda lakukan dan berikan kepada mereka, selama itu baik dan bermanfaat untuk mereka serta Anda ikhlas dan senang melakukannya maka Anda tentu akan mendapatkan keutamaan tersebut.

Lalu sebenarnya apa saja yang bisa kita lakukan untuk memuliakan anak yatim?? Ada banyak cara memuliakan anak yatim, dan dari cara tersebut tidak berupa materi saja yang bisa kita lakukan. Dan cara tersebut yaitu antara lain :

✓Menghibur
Salah satu cara untuk memuliakan anak yatim adalah dengan cara menghibur mereka. dengan kita menghibur mereka maka mereka akan senang dan gembira. Karena anak yatim adalah anak yang sudah ditinggal oleh orang tua mereka. dan tentu ini sangat berat bagi mereka untuk kehilangan orang tua. Oleh sebab itu sebisa mungkin kita menghibur mereka agar mereka merasa senang dan sejanak menghilangkan kesedihan mereka. cara seperti ini adalah cara yang tidak perlu mengeluarkan materi. Karena cara ini bisa dilakukan dengan bentuk apa saja, asalkan itu bersifat hiburan. Dan cara ini pula merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memuliakan anak yatim.

✓ Memberi sumbangan
Selain tadi menghubur, maka cara lain yang bisa kita lakukan untuk memuliakan anak yatim adalah dengan cara memberikan sumbangan. Sumbangan yang dapat diberikan berupa sejumla h uang atau beberapa barang yang tidak terpakai seperti misalnya baju, hijab, mukena dan lain sebagainya. dan hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan beberapa sembako untuk kebutuhan mereka. karena sembako juga sangat diperlukan untuk bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka.

✓ Memberikan ilmu pengetahuan
Jika Anda seorang guru, maka Anda bisa menjadi guru relawan untuk beberapa anak yatim. Atau jika Anda bukan guru, namun Anda mempunyai beberapa ilmu yang bermanfaat untuk mereka maka Anda bisa membaginya kepada mereka. karena ilmu yang Anda berikan tersebut sangat bermanfaat untuk mereka. dan ilmu yang anda berikan tersebut akan menjadi amal jariyah Anda kelak di akhirat. Sehingga manfaatkan ilmu Anda selama itu dapat bermanfaat, karena apapun yang Anda berikan maka akan sangat bermanfaat bagi mereka. dan hal ini juga merupakan suatu cara untuk memuliakan anak yatim.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.