Amalan Bacaan Dan Keutamaan Dzikir Di Bulan Puasa Ramadhan
Amalan Bacaan Dan Keutamaan Dzikir Di Bulan Puasa Ramadhan

Amalan Bacaan Dan Keutamaan Dzikir Di Bulan Puasa Ramadhan

13 Keutamaan Mengamalkan Dzikir Di bulan Ramadhan 1. Dapat meningkatkan hubungan kedekatan kita pada Allah 13. Waktu Puasa Terlihat Lebih Cepat Tanpa kita sadari kalau kita selalu berdzikir setiap harinya, waktu puasa kita akan terlihat seperti angin lewat alias sangat cepat,

Tokohsebelah.com- Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, dan kesempatan untuk manusia memperbaiki diri, dan berbagi kebahagiaan juga kebaikan kepada sesama. Pada bulan suci ini , seluruh umat manusia berlomba-lomba untuk mencari pahala dan berkah , dari amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan suci ramadhan.

Tak hanya pahala yang kita dapatkan tetapi, banyak manfaat atau kebaikan yang akan kita rasakan pada diri kita, maupun pada orang lain. Dengan diiringi keikhlasan dan ketulusan mengharap ridho dari allah, insya allah kita akan semakin semangat untuk menjalankan amalan-amalan ataupun menebar kebaikan pada sesama. Dari sekian banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan, salah satu diantaranya yakni berdzikir. Banyak keutamaan yang didapatkan dari berdzikir, berikut beberapa keutamaan dari membaca bacaan dzikir : 

13 Keutamaan Mengamalkan Dzikir Di bulan Ramadhan

1. Dapat meningkatkan hubungan kedekatan kita pada Allah
Dengan berdzikir kita juga dapat meningkatkan kita kedekatan pada Allah. Melalui bacaan-bacaan yang mengagungkan Allah, dapat membuat kita semakin mencintai Allah dan selalu mengingat Allah, dan menyertakan Allah dalam semua hal atau urusan kita dimanapun dan bagaimanapun keadaanya.

2. Dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur
Melalui dzikir, kita juga dapat mengungkapkan rasa bersyukur kita terhadap segalanya yang telah Allah berikan kepada kita . Dengan selalu bersyukur, membuat kita menjadi pribadi yang selalu merasa cukup dengan apapun yang telah dianugrahkan Allah pada kita. Sekecil apapun itu, dan sebanyak apapun nikmat yang telah Allah berikan, harus kita syukuri dan terima dengan segala keikhlasan.

3. Dapat menghilangkan keraguan dan kebimbangan
Dengan selalu menyebut asma Allah melalui dzikir, dapat membuat kita menjadi lebih tenang dan merasa lebih tidak tergesa-gesa dalam mengambil segala keputusan yang akan kita pilih. Sehingga tidak akan merasa menyesal dalam mengambil keputusan, ketika kita mempertimbangkannya dengan baik dan tidak tergesa-gesa ketika mengexsekusi suatu keputusan.

4. Dapat menghindarkan kita dari ghibah
Tak dapat dipungkiri manusia lebih mudah menemukan atau mengetahui keburukan orang daripad a mengetahui keburukan atau kekurangan pada diri sendiri. Seperti dalam peribahasa yaitu 'gajah dipelupuk mata tak tampak, semut disebrang lautan tampak. Yang dapat diartikan yaitu kesalah atau keburukan orang lain dapat dengan jelas kita ketahui , sedangkan keburukan sendiri pun tidak tau. Sehingga membuat kita tidak ada berhenti-berhentinya untuk membicarakan keburukan orang, seolah-olah sudah merasa bahwa diri kita sendiri sudah sangat baik. Padahal belum tentu perilaku dan sikap kita lebih baik dari pada seseorang yang sedang kita bicarakan. Untuk menghindari dari ghibah salah satunya yaitu dengan memperbanyak membaca kalimat dzikir, dengan seringnya kita berdzikir dapat mengurangi waktu kita untuk membicarakan keburukan orang lain. Dan justru kebaikan yang akan datang pada kita, dan dijauhkan dari dosa ghibah.

5. Dapat meneguhkan hati
Dalam kehidupan didunia, tentunya kita pernah mengalami jatuh bangun, patah arah, patah semangat, rintangan dan ujian. Hati kita pasti merasa banyak tekanan yang datang, dan terkadang merasa menyerah dalam keadaan tersebut. Dengan banyak berdzikir dapat meneguhkan hati, menguatkan diri dari segala cobaan dan ujian yang sedang kita jalani dan rasakan. Dapat membuat hati kita merasa tenang dan tentran ketika pada saat kita sedang mengalami keterpurukan, kita dapat mengingat allah melalui berdzikir.

6.  Menjauhkan diri dari perbuatan yang tercela
Ketika kita selalu malafalkan kalimat-kalimat dzikir apalagi dibulan suci ramadhan, selain kita mendapatkan pahala, kita juga dapat memawas atau menjauhkan diri dari perbuatan yang kurang baik atau tercela. Karena kita selalu mengingat asma Allah,  maka ketika kita hendak melakukan keburukan kita pasti akan memikirkan berpuluh-puluh kali untuk bertindak. Dan juga pasti kita berfikir mengenai sebab dan akibat yang akan kita peroleh apabila kita melakukan keburukan tersebut. Dan juga banyak mempertimbangkan efek yang akan berdampak pada orang lain, atau kerugian yang harus ditanggung orang lain dari perbuatan buruk yang hendak kita lakukan tersebut.

7. Merasa tercukupi dalam hidup
Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 216 yaitu  : " Diwajibkan atas kamu berperang , padahal itu tidak menyenangkan bagimu, tapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui". Maksud dari ayat tersebut adalah ketika kita sedang menyukai sesuatu, mengaguminya, ingin memilikinya. Tetapi, ketika Allah berkehendak tidak pada keinginan kita tersebut, maka sesuatu tersebut tidak dapat kita peroleh. Tentunya kita merasa kesal mengapa sesuatu yang ingin kita peroleh tersebut tidak dapat dimiliki. Hikmah dibalik semua itu pasti Allah menginginkan kita memperoleh, mendapatkan, memiliki sesuatu yang baik yang sesuai dengan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Karena Allah sudah mengatur takdir masing-masing semua orang, jadi Allah lebih tahu mana yang terbaik untuk kita. Nah, kaitannya dengan dzikir , yakni dengan kita memperbanyak bacaan dzikir kita akan dicukupkan kebutuhan kita oleh Allah.

8. Menjadikan kita selalu mengingat Allah
Ketika kita melafalkan asma Allah yaitu dengan sering berdzikir maka hati dan fikiran kita akan tertuju pada Allah. Semakin kita sering berdzikir, maka kita akan semakin ingat pada Allah. Sehingga membuat kita berhati-hati dalam bertindak. Karena Allah maha mengetahui segala apa saja yang kita lakukan dimanapun, dan kapanpun pasti Allah selalu bersama kita, dan mengetahui apapun yang kita kerjakan ,ntah itu baik ataupun buruk.

9. Mendatangkan ridho Allah
Ketika kita melakukan segala kegiatan, tentulah kita mengharap ridho dari Allah. Karena apabila segala sesuatu yang kita kerjakan telah mendapat ridho dari Allah, maka banyak kemudahan, kelancaran, keberkahan yang akan kita peroleh ketika dalam segala hal kita mengharal ridho darinya. Salah satunya yaitu melalui berdzikir, dengan berdzikir dapat  membuat kita menjadi lebih tenang, dan tentram. Sehingga kita akan lebih tenang lagi, dalam menghadapi segala persoalan atau kegiatan yang mengharapkan ridho Allah datang pada kita dan menyertai segala keinginan kita.

10. Membuat hati menjadi lapang
Terkadang kita pernah mengalami kerisauan hati, kebimbangan , kegundahan yang tiba-tiba saja datang dalam diri kita tanpa kita duga dan tau sebabnya. Sebagian besar alasan mengapa kita merasakan hal tersebut adalah karena kita telah jauh dari Allah, tidak berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karenananya dalam hidup kita mengalami hal tersebut. Dan juga pasti kita pernah merasa sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain, sulit untuk menerima situasi yang telah Allah takdirkan untuk kita. Salah satu cara agar kita terhindar dari hal tersebut, agar hati kita menjadi lebih lapang dan damai, yakni dengan berdzikir kepada Allah, usahakan sesudah Anda melakukan ibadah shalat juga melakukan dzikir kepada Allah. Agar hati Anda menjadi lebih tenajg, lapang, da mai, dan tentram. Dan menjadi diri yang lebih sabar dalam menghadapi segala takdir yang diberikan oleh Allah.

11. Memperbanyak Pahala Ramadhan
Bulan Ramadhan semua orang juga tahu bahwa pahala bulan Ramadhan itu sangatlah besar nah dzikir inilah yang akan menambah pahala anda menjadi lebih besar lagi, jadi usahakan Ketika anda mempunyai waktu luang berdzikirlah agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi, dan jangan lupa anda tidak boleh berdzikir dengan tujuan untuk mendapatkan pahala yang banyak melainkan Anda harus ikhlas karena memang ingin berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

12. Tidak Merasakan Rasa Lapar
Berikut juga bikin kita tidak merasakan rasa lapar, Entah kenapa saking khysuknya berzikir rasanya seperti tidak lagi sedang berpuasa alias tidak merasakan rasa lapar, mungkin yang akan dirasakan tidak lain adalah haus, karena Berpikir itu mulut kita selalu bergerak yang membuat tenggorokan kita menjadi kering dan itu tidak ada masalah karena malah anda juga akan lebih besar dari kekeringan tenggorokan anda.

13. Waktu Puasa Terlihat Lebih Cepat
Tanpa kita sadari kalau kita selalu berdzikir setiap harinya, waktu puasa kita akan terlihat seperti angin lewat alias sangat cepat, puasa rasa-rasa tidak membuat kita menjadi lapar ketika kita khusyuk untuk berdzikir, pagi berdikir siang berpikir dan sore pun berdzikir yang akhirnya tidak merasakan lamanya siang hari, Coba aja anda lakukan dan Lihatlah manfaatnya sendiri.

Itulah beberapa keutamaan dari melakukan dzikir terhadap diri Anda sendiri, Kalau Anda lagi sedang ingin bertanya Dikira apa yang bisa kita kerjakan untuk setiap harinya? Untuk lafadz dzikir yang harus kamu ucapkan setiap hari Anda bisa gunakan lafal dzikir berikut ini:







Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.