6 Manfaat Sedekah Kepada Janda
6 Manfaat Sedekah Kepada Janda

6 Manfaat Sedekah Kepada Janda

Secara agama, memberikan sedekah nantinya akan diberikan juga pahala tersendiri. Tetapi bagaimana jika kita tilik dari sisi kemanusiaan? Ternyata, bersedekah pada seorang janda memiliki manfaat tersendiri, jika dilihat dari sisi humanity. Apa saja itu? Mari kita simak dibawah ini: 1. Mendapatkan pengalaman bagaimana hidup sebagai seorang janda


Tokohsebelah.com- Janda, seorang wanita yang di identikkan telah ditinggalkan oleh suami entah meninggal dunia ataupun telah bercerai. Dalam lingkungan masyarakat Indonesia, janda sudah bukan hal yang jarang ditemui. Banyak juga janda di negeri ini yang memilih untuk menikah lagi, atau menghidupi anak dengan caranya sendiri.

Apakah seorang janda juga membutuhkan bantuan dari masyarakat disekitarnya?

Coba kita tengok dulu kejadian belakangan ini, banyaknya janda di lingkungan masyarakat adalah sebuah ancaman tertentu. Karena apa? Tidak sedikit orang berpikiran, bila ada janda disekitar mereka, maka dia akan berpotensi untuk merebut suami orang, atau yang biasa disebut pelakor. Itu terbukti dengan banyaknya video viral, pesan-pesan dari media sosial yang mengekspos kejadian tersebut secara gamblang dan masif. Hal tersebut menjadi bahan pengingat bagi seorang ayah dan ibu dalam menjaga pernikahannya.

Tetapi, ada juga seorang janda yang memilih untuk bekerja dan mengurus anaknya meskipun dia hanya seorang diri. Entah karena belum ada lelaki yang mau menikah dengannya, ataupun karena sangat menghormati mendiang suaminya, wanita-wanita tersebut berani untuk menantang dunia dengan melakukan semua pekerjaan dengan tangannya.

Kita sebagai umat manusia kadang-kadang termakan oleh sifat egois kita, mementingkan diri sendiri daripada orang lain, dengan dalih “kalau kita tidak mengurus diri kita sendiri, bagaimana kita bisa membantu orang lain?”. Memang benar jika kita lebih mendulukan diri. Tetapi tidak banyak juga manusia yang terlalu nyaman pada diri sendiri sehingga melupakan orang yang seharusnya ia bantu.

Tidak salah juga, ketika seseorang berpikir dahulu untuk memberikan sedekah. Siapa yang akan diberi? kenapa dia pantas diberi? apa yang diberikan padanya benar-benar bermanfaat untuknya? Pertanyaan seperti ini wajar jika seseorang hendak memberikan sedekah pada seseorang.

Menurut beberapa keyakinan, menyantuni dan membantu janda merupakan perintah dari Yang Maha Kuasa. Tetapi kita juga tidak bisa men-justifikasi seseorang yang selektif dalam memberikan bantuan. Contoh kasusnya yakni banyak sekarang pengemis yang memiliki rumah mewah, dengan kehidupan yang serba kecukupan.
Bantuan atau sedekah yang kita berikan tidaklah salah, namun membuat seseorang harus lebih cerdas dari sebelumnya. Sama halnya seperti janda. Jika mereka berkebutuhan cukup dari suami orang maupun kekasihnya, apakah mereka  pantas diberikan sedekah? Dibandingkan janda yang benar-benar bekerja demi anak-anaknya? Ada pepatah mengatakan, “Don’t Judge The Book By The Cover”. Banyak sekali sekarang pribadi atau instansi untuk melihat dulu bagaimana seseorang yang akan diberikan sedekah, karena mereka hanya ingin berhati, dan tidak tertipu oleh penampilan mereka, bukan masalah menjadi pelit ataupun kikir.

Lantas apakah kita harus memberikan sedekah kepada mereka yang telah ditinggalkan suaminya?  Dalam agama apapun kita diwajibkan untuk membantu sesama umat manusia. Hal itu benar adanya, mengingat jumlah signifkan dari populasi manusia dibumi saat ini. Seperti lagu dari mendiang Michael Jackson berjudul Heal The World, dimana manusia paham akan pentingnya membantu sesama. Dalam perihal membantu janda, kita sebagai insan yang peduli boleh saja selektif ketika ingin memberikan sedekah dalam bentuk apapun secara ikhlas. Selama niat baik tetap dalam hati, berkah dan anugrah sudah pasti akan mengiringi hidup.

Secara agama, memberikan sedekah nantinya akan diberikan juga pahala tersendiri. Tetapi bagaimana jika kita tilik dari sisi kemanusiaan?  Ternyata, bersedekah pada seorang janda memiliki manfaat tersendiri, jika dilihat dari sisi humanity. Apa saja itu? Mari kita simak dibawah ini:

1. Mendapatkan pengalaman bagaimana hidup sebagai seorang janda
Secara tidak langsung, dengan bersedekah pada janda kita mendapatkan pelajaran dari pengalaman seorang wanita yang ditinggalkan oleh suaminya. Mulai dari ruwetnya urusan rumah tangga yang kandas ditengah jalan, hingga kesedihan yang dialami saat sang suami meninggal dunia. Pelajaran seperti itu tentunya tidak semua orang akan mendapatkan.

2. Menyingkirkan rasa egois dalam diri
Memberikan sedekah pada janda akan mengingatkan kita untuk selalu bersikap rendah hati dan dermawan. Seperti yang kita tahu, manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia. Lantas pantaskah kita membesarkan ego kita, sementara orang lain menanggung beban yang cukup berat?

3. Agar kaum lelaki lebih menghormati wanita
Tidak bisa dipungkiri lagi, semenjak zaman kolonial Belanda, perempuan Indonesia diperlakukan dengan sangat tidak adil, bahkan jauh dibandingkan dengan laki-laki. Tanpa kita sadari, mindset seperti itu terkadang masih ada pada beberapa orang di era modern ini. Tidak hanya pemikiran, bahkan dalam praktiknya masih banyak juga. Dengan bersedekah pada mereka khususnya bagi kaum adam, hal tersebut merupakan satu langkah kecil dalam mencapai kesetaraan gender, bahwa sesungguhnya kaum wanita bukan hanya obyek untuk kepuasan semata, melainkan mereka juga manusia yang memiliki hati dan pemikiran.

4. Menguatkan diri atas cemooh dan sindiran orang sekitar
Kebanyakan orang berpikir, jika kita menolong seorang janda, berarti kita memiliki maksud tersembunyi. Padahal kita hanya berniat untuk membantu mereka tanpa mengharapkan apa-apa. Rumor tidak jelas, gosip dan desas desus merupakan satu hal yang harus kita hadapi saat kita ingin memberikan sedekah pada seorang janda. Tapi hal tersebut juga akan menjadikan diri kita lebih kuat sehingga kita tidak kaget ketika ingin menolong seseorang.

5. Mendapatkan berkah yang lebih dari Yang Maha Kuasa jika ikhlas memberikan sedekah
Nah kalau yang ini jangan disalahgunakan, Kebanyakan orang mengerti kalau bersedekah, nantinya akan diberikan kembali oleh Tuhan berkali-kali lipat. Tidak jarang juga lho, orang yang bersedekah mengharapkan imbalan dari Tuhan. Pemikiran seperti itu seharusnya tidak boleh terbesit pada seseorang, karena hendaknya manusia menolong secara ikhlas, bukan mengharap imbalan.

6. Menjadi evaluasi diri dalam kehidupan rumah tangga
Seringkali para suami dan istri bertengkar karena perbedaan pendapat, dan tidak mau mengalah satu dengan yang lain. Tanpa disadari, perilaku seperti itu dapat menjadi akar dari perceraian. Memberikan sedekah pada janda, dapat mengingatkan kembali bagi pria yang telah berumah tangga agar dapat menjadi kepala keluarga yang bijak. Sedangkan bagi wanita dapat menjadi pendamping yang selalu berada disamping suami baik suka maupun duka. Serta dapat menjadi pendidik yang baik dalam etika pada anak-anaknya.

Nah, keenam poin diatas masih merupakan sebagian kecil dari manfaat bersedekah pada janda. Tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan.

Memberikan sedekah pada seorang janda merupakan contoh kecil, yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita. Apakah sulit untuk melakukannya? Selama kita mau untuk bahu-membahu membantu sesama, Tuhan juga pasti akan membukakan jalan, karena Ia tidak pernah tutup mata, meskipun pada orang yang telah melakukan banyak sekali dosa sekalipun. Jadi apa lagi yang kita tunggu? Sebagai seseorang yang mengikuti ajaran-Nya, apakah kita akan menunda lagi untuk membantu sesama manusia?.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.