14 Keistimewaan Dan Kemuliaan Bulan Suci Ramadhan
14 Keistimewaan Dan Kemuliaan Bulan Suci Ramadhan

14 Keistimewaan Dan Kemuliaan Bulan Suci Ramadhan

3 Cara Pencegahan Nafsu Birahi Di Bulan Puasa Bertasbih dan bersholawat setiap hari Kemuliaan dan keistimewaan Bulan Ramadhan 1. Hadirnya Lailatul Qadar, tidak tidur malam hari, bertarawih, menghantam Al-Qur'an bersama sama


Tokohsebelah.com- Sebelum bulan puasa ramadhan tiba, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bahwa di dalam bulan suci Ramadhan terdapat banyak sekali ke utamaan dan ke istimewaan yang di turunkan oleh Allah SWT, kita sebagai umat muslim harus tahu apa sajakah ke istimewaan bulan suci Ramadhan dan kemuliaan yang terkandung dalam bulan suci Ramadhan.

Sebelum itu saya mau tanya! Apakah anda sudah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan? kalau iya, Apa sajakah yang telah kalian persiapkan?
Persiapan di bulan ramadhan itu tidak hanya dalam ekonomi, ekonomi memang penting di persiapkan di bulan puasa ramadhan tapi mental iman pun harus anda persiapkan juga agar anda bisa menjalankan Puasa anda dengan lancar, di bulan puasa ramadhan sangat banyak sekali cobaan yang harus kita hadapi, khususnya dalam mental iman, kita sangat kesulitan dalam menjaga dan menguatkan iman kita dalam menahan nafsu birahi yang selalu hadir di suatu waktu, nafsu itu sulit di tebak kapan datangnya, karena nafsu itu selalu datang secara tiba-tiba, terkadang apabila kita lagi dalam iman yang baik nafsu kita malah tidak sejalan dengan iman kita yang lagi baik, nafsu semakin meraja Lela untuk bisa mendapatkan apa yang dia inginkan dan kita pun juga akan ikut kebawa arus nya nafsu apabila kita tidak sesegera menyadari nya dan tidak sesegera mencegah nya.

Mencegah nafsu birahi itu sangat lah sulit sekali, beda orang maka beda pula cara dan teknik pencegahan nya, saya akan membagikan tips agar bisa mencegah nafsu birahi ketika bulan puasa, silahkan di simak di bawah ini.

3 Cara Pencegahan Nafsu Birahi Di Bulan Puasa


  • Bertasbih dan bersholawat setiap hari 
Bertasbih lah dan bersholawat lah di keseharian anda, agar anda tidak terbawa oleh nafsu birahi anda, anda bisa bertasbih dan bersholawat di dalam hati maupun langsung secara lisan, yang pasti anda harus melakukan ini agar anda terhindar dari nafsu birahi anda.

  • Jangan pernah sendirian
Jangan sampai anda sendirian di manapun anda berada karena orang yang sendirian itu sangat sulit mengontrol hawa nafsunya untuk tidak melakukan apa yang di inginkan nafsu birahinya, orang yang sendirian itu pikiran nya banyak dan bisa menyebabkan menimbulkan hawa nafsu nya keluar, jadi jangan sampai anda sendirian.


  • Hindarial yang menimbulkan nafsu



Kalau ada bau makanan maka jangan berdiam diri, hindarilah dan menjauhlah dari bau makanan tersebut agar anda terhindar dari pemikiran ingin makan, dan bila anda melihat perempuan/laki-laki yang membuat nafsu anda naik, maka segera menjauh lah jangan sampai anda terpancing hawa nafsu itu.

Kemuliaan dan keistimewaan Bulan Ramadhan


1. Hadirnya Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang di ciptakan Allah untuk kita manfaatkan agar berdoa di kala itu, karena malam Lailatul Qadar adalah malam yang terbaik dari seribu malam, Lailatul Qadar akan keluar 10 hari terakhir, mulai dari tanggal 20-30, tapi banyak yang memprediksi kan antara tanggal 26-28.


2. Turun nya kitab Al-Qur'an
Bulan ramadhan menjadi bulan yang suci karena di bulan tersebut tepat turun nya kitab suci Alquran dari Allah, jadi usahakan anda menyadari nya betapa khususnya dan sucinya kitab Al-Qur'an kita di turunkan oleh Allah SWT agar anda bisa besadar diri bahwa Alquran itu untuk kita baca bukan untuk kita pajang, mari banyak membaca Alquran di bulan suci Ramadhan karena banyak sekali hikmah yang terkandung dalam setiap surah Al-Qur'an.

3. Setan Di Borgol
Semua setan di Borgol oleh Allah ketika bulan ramadhan sudah tiba, setan setan tidak ada yang berkeliaran untuk mengganggu umat muslim, setan bukan lah jin, jadi jangan sampai salah tafsir, jin itu sama dengan manusia, Allah menciptakan jin dan manusia di dalam bumi, jadi kalau anda masih merasa ada gangguan dalam bulan puasa, maka itu bukanlah setan melainkan jin yang sedang menggoda Anda, perlu di ketahui bahwa tidak semua jin itu menggoda manusia untuk berbuat keburukan, jin dan manusia itu sama, hanya beda alam saja, jadi jin itu ada yang islam ada yang non Islam.

4. Wajib Berpuasa (tidak makan dan minum)
Dalam bulan suci Ramadhan terdapat kewajiban yang harus di lakukan oleh semua umat Nabi Muhammad Saw, yaitu tidak makan dan tidak minum alias berpuasa, ke wajiban ini bukanlah tanpa sebab karena allah SWT akan memberikan yang terbaik buat hambanya yang beriman, jadi jangan menganggap kalau berpuasa itu tidak ada gunanya, semua yang di perintah Allah adalah amanah dan wajib kita lakukan sebagai hamba Nya dan pastinya akan berguna buat kita semua nantinya.

5. Kesempatan Berbenah diri
Bulan ramadhan menjadi bulan yang amat pantas untuk kita berbenah diri, sembari kita melakukan kewajiban dan ke sunnahan di bulan suci Ramadhan, ada baiknya kita manfaatkan bulan suci ramadhan ini untuk membenahi diri sendiri agar menjadi manusia lebih baik lagi kedepannya dari pada sebelumnya, giatlah untuk membenah diri sendiri dan capailah tujuan baik anda.

6. Banyak keberkahan
Berkah dimana mana, berkah di bulan puasa itu banyak sekali, saking banyaknya kita terkadang lupa atau tidak ingat kalau ada sebuah berkah yang menghampiri kita, berkah bisa berupa batin maupun dhohir.

7. Pintu Surga Di Buka dan Pintu Neraka Di Tutup
Allah telah membuka pintu surga untuk umat muslim yang bertaqwa kepada Allah pada saat bulan suci Ramadhan, dan Allah juga telah menutup pintu neraka bagi umat muslim di bulan Ramadhan, jadi kesempatan ini jangan sampai anda lewatkan, perbanyak lah berbuat kebaikan dan diperbanyak ber zdikir agar anda bisa mendapatkan pintu surga yang terbuka.

8. Adanya Sholat Sunnah Tarawih
Ada sesuatu yang unik di bulan Ramadhan, semua umat muslim di Sunnah kan untuk sholat tarawih yang di kerjakan setelah shalat fardhu isyak, kita semua akan berbondong-bondong membawa aksesoris kopiah dan surban dan Hambal dari rumah untuk mengerjakan sholat Sunnah tarawih, sholat Sunnah tarawih yang paling banyak di pakai adalah yang 12 raka'at dengan 1 salam setiap 2 raka'at.

9. Adanya Perang Badar (Jaman nabi)
Dulu tepatnya di bulan ramadhan ini ada perang besar yang di sebut perang badar, pada saat itulah Allah membedakan antara mana yang Haq dan mana yang bathil, dan Allah memberikan kemenangan bagi ummat Islam dan memberikan ke kalahan pada kaum musyrikin. Dari sejarah ini kita bisa mengambil hikmah nya untuk kita terapkan kepada diri sendiri agar selalu ingat kepada Allah yang telah memenangkan Islam dari kaum musyrikin.

10. Adanya pembebasan kota Mekkah (jaman nabi)
Bulan suci Ramadhan menjadi bulan penyaksian pembebasan Mekah dengan memberikan kemenangan kepada nabi Muhammad Saw sehingga tidak ada lagi berhala terpajang di kota Mekkah dan pada saat itu pulalah banyak orang non muslim berbondong-bondong ingin masuk Islam dengan keyakinan dan kepercayaan mereka akan kebenaran agama Islam.

11. Doanya cepat terkabulkan
Jangan pernah anda melewatkan satu hari pun untuk tidak berdoa kepada Allah karena doa yang di panjatkan di bulan suci Ramadhan akan cepat di kabulkan oleh Allah SWT, Allah akan mengabulkan doa para muslim dengan cara Allah sendiri, jadi maksud dari doa kita cepat terkabul kan iyalah Allah akan mengabulkan doa kita dengan cara Allah SWT, jadi berdoa lah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

12. Tidak Tidur Malam
Nah ini nih yang paling seru, dengan adanya bulan Ramadhan entah kenapa di perkampungan atau perdesaan banyak sekali para pemuda pemudi yang berkumpul menjadi satu untuk mengadakan konvoi di jalan buat keseruan dan ada juga yang hanya berkumpul semata menunggu waktu sahur, sungguh hanya ada di dunia Islam kegiatan yang satu ini.

13. Makan Saur Dan Buka Bareng
Bulan suci Ramadhan ketika kita berpuasa, kita akan di hadiri adat buka bersama dan sahur bersama, biasanya umat muslim akan menyiapkan buka puasa bersama sama untuk di makan bersama sama dengan keluarga maupun dengan orang lain, adat ini menggambarkan bahwa tidak ada pecah belah antara umat muslim yang satu dengan umat muslim lainnya.

14. Membaca Alquran bersama setiap malam
Dalam bulan Ramadhan setelah sholat Sunnah tarawih, di seluruh masjid dan musholla di adakan khataman Al-Qur'an, dimana semua umat muslim pria atau wanita membaca Alquran dengan bergantian sesuai urutan nya dan saling membantu memperbaiki apabila ada kesalahan yang di baca nya oleh pembaca Alquran, adat ini sangat lah seru dilakukan, selain bisa mendapatkan ridho Allah karena membaca Alquran kita juga bisa berkumpul dengan teman-teman dan orang yang sesama muslim lainnya.


Sungguh hal yang patut kita banggakan sebagai seorang muslim, kita harus berbangga diri karena kita masuk di golongan yang selamat dari ke musyrikin dan selamat dari ke kafiran, puji syukur kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang luar biasa yang di berikan kepada kita tanpa Allah meminta pamrih kepada kita, dan jangan sampai lupa untuk berterimakasih kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari alam jahiliah yang amat gelap hingga menuju alam yang terang benderang yaitu Agama Islam.

Ketahuilah bahwa bila mana kita lagi mendapatkan kesusahan di dunia, percaya lah kalau semua itu akan ada hikmahnya, tetaplah bersabar dan ikhlas karena Allah SWT selalu memberikan kejutan kebaikan buat hambanya yang beriman, kita sebagai manusia yang di ciptakan Allah SWT tidak bisa membalas kebaikan yang di berikan Allah SWT,  maka dari itu jangan sampai kita melupakan nya walaupun hanya sekilas saja, sebutlah selalu nama Allah dimana pun anda berada karena Allah senang melihat hamba Nya yang selalu ingat dengan nya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.