10 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Seharian
10 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Seharian

10 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Seharian

Cara Supaya Tidak Lemas Saat Berpuasa 1. Kurangi menu sahur dengan gorengan Sebagian besar orang Indonesia tidak dapat terpisahkan dari makanan berlemak satu ini, karena cenderung pada setiap menu masakan pasti ada yang dimasak melalui proses penggorengan.


Tokohsebelah.com- Sebelum kita membahas tips agar tidak lemas seharian ketika sedang berpuasa, admin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga puasa yang kita jalankan dapat membawa keberkahan bagi diri kita, dan menjadikan pribadi kita lebih baik dari sebelumnya, aamiin.

Okee langsung saja pada pokok pembahasan. Bagi yang menjalankan ibadah puasa, pasti Anda sering mengalami ngantuk, tubuh merasa lemas, dan melakukan aktivitas dengan kurang bersemangat. Banyak dari kita yang mengetahui bahwa puasa itu dapat membawa dampak baik bagi kesehatan dan juga dapat mencegah tubuh kita terjangkit penyakit. Tapi mengapa malah sebagian orang mengalami rasa lemas atau lunglai saat berpuasa?. Apakah Anda termasuk didalamnya?. Jika Anda ingin mengubah rasa malas menjadi semangat saat berpuasa yukk simak 10 tips agar badan tidak lemas saat berpuasa berikut ini :

Cara Supaya Tidak Lemas Saat Berpuasa

1. Kurangi menu sahur dengan gorengan

Sebagian besar orang Indonesia tidak dapat terpisahkan dari makanan berlemak satu ini, karena cenderung pada setiap menu masakan pasti ada yang dimasak melalui proses penggorengan. Makanan yang digoreng sebaiknya Anda hindari sebagai menu sahur Anda. Karena gorengan banyak mengandung minyak, sehingga dapat membuat Anda menjadi cepat merasa kehausan ketika menjalankan ibadah puasa. Sehingga membuat Anda merasa dehidrasi, dan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan kurang bersemangat saat menjalankan aktivitas ditengah melakukan ibadah puasa. Oleh karenanya tips yang pertama yaitu hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng ketika sahur, dan perbanyak makan makanan yang berkuah bening. Seperti soup, sayur bayam, sayur kacang, dan lain sebagainya. Agar Anda terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa.

2. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin

Jika Anda selama berpuasa sering mengkonsumsi makanan yang kurang baik dari segi gizinya, beralihlah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dab buah-buahan. Karena selain dapat menyehatkan badan, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Makanan ini juga dapat menjaga kita dari rasa lemas dan lesu ketika berpuasa. Karena kandungan vitamin yang baik ,yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makanan tersebutlah yang membuat tubuh kita menjadi lebih vit, dan terhindar dari lesu dan lunglai.

3. Mengkonsumsi suplemen bervitamin

Apabila Anda seorang pekerja yang super sibuk, dan tubuh Anda memerlukan kerja ekstra dalam membantu menyelesaikan pekerjaan Anda. Selain Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat, dan bervitamin, bila perlu Anda juga mengkonsumsi suplemen bervitamin C. Karena vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sehingga tubuh kita dapat menangkis penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita. Sehingga, tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya. Dan bila telah membuat tubuh kita menjadi sehat, suplemen juga dapat membuat Anda menjadi tidak merasa malas ketika sedang bekerja ekstra pada bulan puasa.

4. Atur jam tidur dengan tepat

Rasa malas ketika bulan puasa, sebagian besar dipengaruhi oleh rasa kantuk. Karena jam tidut yang terbilang pendek ketika setelah shalat shubuh. Dan kita diharuskan beraktivitas dipagi harinya. Membuat Anda mengalami rasa kantuk yang luar biasa tak tertahankan ditempat kerja atau sekolah Anda. Oleh karena itu Anda perlu membuat rancangan jam tidur yang tepat, yang tidak mengurangi lama jam tidur yang baik, yakni 7-8 jam perhari. Agar Anda tidak merasakan kantuk yang berujung pada rasa malas ketika sedang beraktivitas .

5. Mencari kesibukan

Untuk Anda yang berdiam diri pada satu tempat saja, atau hanya berdiam dirumah. Pasti juga merasakan rasa malas ketika melakukan aktivitas dibulan ramadhan. Tidak ada salahnya Anda mencoba tips ini, yaitu mencoba mencari kesibukan agar dapat menghilangkan rasa malas. Carilah kesibukan yang bermanfaat yaitu seperti:  mencuci baju, menyetrika baju, membersihkan kamar mandi, membersihkan ruangan, mengerjakan tugas sekolah , mencuci kendaraan pribadi, dan lain sebagainya.

6. Berjalan santai

Setelah shalat shubuh banyak orang yang bergegas menuju tempat tidur. Apabila Anda melakukan hal yang sama seperti yang telah disebutkan, hendaknya ketika Anda  ingin menghilangkan rasa malas saat puasa, Anda dapat melakukan berjalan santai ketika setelah shalat shubuh, atau ketika sore menjelang waktu berbuka puasa. Sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, dapat Anda lakukan dengan teman, kerabat, atau keluarga dengan mengelilingi lingkungan rumah Anda, lapangan, dan lain-lain. Dengan jalan yang santai dan tidak terburu-buru. Dapat Anda terapkan saat tidak memiliki tugas atau kepentingan yang lain.

7. Berolahraga ringan

Pada saat menjalankan puasa, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas olahraga yang berat sehingga terlalu membutuhkan tenaga yang lebih . Agar dapat menjaga kebugaran tubuh pastinya Anda yang sudah terbiasa melakukan olahraga rutin, akan tetap melakukannya walaupun Anda sedang menjalankan puasa. Sebaiknya Anda membatasi gerakan olahraga Anda, dengan melakukan olahraga yang lebih ringan. Seperti push up, sit up, squad jam, dll. Hindari olahraga renang , karena dikhawatirkan air tidak sengaja terminum, dan olahraga renang juga membutuhkan tenaga yang ekstra.

8. Perbanyak konsumsi air putih

Ketika sedang mengerjakan aktivitas, tubuh kita secara otomatis mengeluarkan banyak cairan yaitu berupa keringat yang keluar dari tubuh kita. Nah, apabila kita terlalu berlebihan beraktivitas, dan konsumsi air putih kita kurang dari yang seharusnya di konsumsi. Maka akan mengakibatkan tubuh kita mengalami dehidrasi. Sehingga tubuh akan terasa lemas, dan berakibat kita menjadi malas beraktivitas dikala bulan ramadhan. Maka dari itu, ketika selesai makan sahur, perbanyaklah konsumsi air dan yang sangat dianjurkan adalah air putih. Karena tidak mengandung pemanis dan pengawet, sehingga aman bila dikonsumsi secara berkala.

9. Melakukan ibadah sunnah

Ketika pada saat bulan ramadhan seperti ini pasti seluruh umat islam dimanapun, ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya yakni melakukan ibadah sunnah. Selain mendapatkan pahala ketika menjalankannya, kita juga dapat menjauhkan diri dari perbuatan yang cenderung maksiat, dan juga dapat menghilangkan rasa malas yang melekat pada diri kita. Maka dari itu perbanyaklah amalan sunnah seperti : membaca al-quran, shalat dhuha, dan lain sebagainya.

10. Kurangi aktivitas yang terlalu berat

Apabila Anda termasuk pekerja keras, sibuk mondar-mandir kesana kemari, bekerja tak kenal waktu dan istirahat. Mulai dari sekarang cobalah untuk sedikit menghindari pekerjaan yang membuat Anda harus banyak mengeluarkan tenaga dan kerja keras yang ekstra banyak. Karena didalam menjalankan ibadah puasa, apabila tubuh kita merasa tidak enak atau kurang bersemangat ketika menjalanlannya. Maka, akan membuat kita menjadi bermalas-malasan dan ogah-ogahan ketika menjalankan kegiatan tersebut. Untuk itu hindari aktivitas atau pekerjaan yang terlalu memberatkan fisik Anda sendiri, karena nantinya juga akan balik berdampak buruk kepada Anda ketika terlalu memporsir tubuh Anda dengan kegiatan yang membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra.

Nah demikian tips-tips yang dapat Anda coba dirumah yaa teman-teman, semoga bermanfaat. Dan puasa kita tidak terganggu dengan banyaknya aktivitas dan jadwal pekerjaan kita.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.