Waktu Sembahyang Umat Budha Di Indonesia
Waktu Sembahyang Umat Budha Di Indonesia

Waktu Sembahyang Umat Budha Di Indonesia

Tatacara ibadah yang dilakukan oleh umat budha yaitu dari cara sembahyangnya. Seperti dengan agama lainnya, di agama budha ketika kita sedang melakukan sembahyang maka kita diharuskan untuk berdiri sempurna dan juga khidmat.


Tokohsebelah.com- Di Indonesia ada beberapa agama yang dianut yaitu Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Meskipun mayoritas penduduk agama Indonesia adalah beragama Islam, namun kita masih bisa menemukan agama lain selain Islam misalnya adalah agama budha seperti yang akan saya bahas sekarang. Setiap agama memiliki kepercayaan mereka masing-masing, meskipun ibadah kita berbeda dan cara melakukannnya juga berbeda. Namun tujuan dalam beribadah kita tetaplah sama yaitu hanya untuk Tuhan dan akhirat. Begitupun dengan agama budha. Tujuan ibadah mereka adalah untuk Tuhan mereka dan akhirat. Meskipun tatacara ibadah yang dilakukan berbeda dengan agama lainnya.

Tatacara ibadah yang dilakukan oleh umat budha yaitu dari cara sembahyangnya. Seperti dengan agama lainnya, di agama budha ketika kita sedang melakukan sembahyang maka kita diharuskan untuk berdiri sempurna dan juga khidmat. Selain posisi kita yang harus diperhatikan, maka hal lainnya yang harus kita perhatikan lainnya adalah dari cara soja atau juga bisa disebut dengan pai, yaitu dilakukan dengan cara membungkukkan badan kita sekitar 45 derajat. Didalam agama budha kita akan mengenal dengan istilah hio, hio adalah angka-angka yang sering digunakan dalam agama budha. Dalam sembahyang umat budha biasanya sering menyesuaikan hio mereka dengan angka yang ganjil dan juga genap. Dari beberapa angka tersebut memiliki nama masing-masing, yaitu dari angka ganjil bernama YANG dan sedangkan untuk angka genap bernama YING.

Itu beberapa tatacara beribadah yang sering dilakukan oleh umat budha, masih ada beberapa tatacara beribadah yang dilakukan olerh umat budha lainnya. Anda bisa mencari beberapa informasi lainnya mengenai tatacara ibadah umat budha dari sumber lainnya. Sebab disini saya akan membahas mengenai waktu sembahyang yang dilakukan umat budha, khususnya umat budha di Indonesia. Sebenarnya waktu ibadah yang dilakukan umat budha baik di indonesia maupun di luar negeri sebenarnya hampir sama, yang hanya membedakan adalah waktu pelaksanaannya saja. untuk penduduk Indonesia yang menganut agama budha, mereka melakukan ibadah pada waktu-waktu tertentu yaitu misalnya seperti pada hari besar mereka, ketika ingin mendapat sesuatu atau ingin mendapat sesuatu, dan juga waktu yang biasanya digunakan untuk beribadah adalah ketika sedang terkena musibah atau terjadi sesuatu. Dalam waktu seperti itu, mereka sering melakukan ibadah sembahyang. Namun waktu yang menjadi sering mereka untuk melakukan ibadah adalah ketika akhir tahun.

Sebab pada waktu akhir tahun adalah waktu yang paling tepat, karena pada akhir tahun ini akan bergantinya kalender untuk mereka dan mendekati dengan hari Imlek. Oleh sebab itu jika pada akhir tahun, Anda akan menemukan klenteng dengan banyaknya orang untuk beribadah. Karena pada hari itu merupakan waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukan ibadah. Karena akan banyak keberkahan dan kebagiaan buat mereka yang melaksanakan ibadah pada hari tersebut. Namun sebenarnya waktu yang bisa dilakukan untuk beribadah bagi umat budha ini bisa dilakukan pada waktu kapan saja, tidak harus pada akhir tahun. Karena ibadah yang sering dilakukan adalah sebagai wujud kita yang lebih dekat dengan Tuhan kita.

Waktu ibadah yang dilakukan oleh umat budha selain pada akbhir tahun, waktu yang sering mereka lakukan untuk sembahyang atau ibadah adalah pada hari raya besar yaitu Imlek. Pada hari besar mereka ini mereka akan sering melakukan sembahyang. Karena pada hari ini pula, umat budha menganggap bahwa akan ada banyak kebahagiaan dan keberkahan yang akan terjadi pada mereka jika melakukan sembahyang pada hari tersebut. pada hari ini pula tempat-tempat ibadah seperti klenteng akan sangat banyak sekali orang-orang yang melakukan sembahyang. Selain melakukan ibadah, pada waktu ini pula banyak umat budha yang melakukan sedekah. Banyak mereka yang memberikan sejumlah orang kepada orang lain yang sering kita sebut dengan istilah ampou. Pemberiaan ampou ini juga bermakna bahwa akan adanya keberkahan dan rezeki yang didapatkan jika mereka memberikan sedekah bagi mereka yang membutuhkan.

Jadi dari kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan diatas adalah waktu yang sering dilakukan untuk sembahyang bagi umat budha di indonesia adalah pada akhir tahun dan pada hari raya besar mereka. namun selain pada hari tersebut, waktu yang dilakukan untuk sembahyang adalah ketika mereka sedang mendapatkan kebahagiaan atau kesulitam. Pada waktu ini pula mereka akan melakukan sembahyang ibadah, agar apa yang terjadi pada mereka adalah sesuatu yang baik. Dan waktu yang bisa dilakukan untuk ibadah oleh umat budha sebenarnya bisa kapan saja, karena sembahyang adalah wujud cinta kita kepada Tuhan. Jika kita sering melakukan ibadah khsusnya sembahyang, maka semakin dekat pula kita dengan Tuhan kita sendiri. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.