Penjelasan Tentang Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam
Penjelasan Tentang Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam

Penjelasan Tentang Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam

Ada sebuah contoh kecil perayaan maulid nabi di Indonesia khususnya di jawa timur pulau Madura, disana ketika datang nya perayaan maulid nabi Muhammad Saw maka semua orang berbondong-bondong untuk merayakan nya dengan cara mengundang para lelaki ke rumah nya untuk mengadakan kegiatan sholawat an dan mengundang kiyai untuk memimpin nya. Selain itu tidak hanya ber sholawat an saja melainkan mereka di


Tokohsebelah.com- Maulid berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti sebagai hari kelahiran. Sehingga pengertian dari maulid itu sendiri adalah hari kelahiran yang diperuntukkan kepada seseorang yang sebagai tanda bahwa hari tersebut adalah hari kelahirannya. Didalam agama Islam kita sering mendengar istilah maulid Nabi Muhammad SAW. Jika Anda menemukan hari atau tanggal yang menunjukkan bahwa terdapat hari merah dengan alasan adanya maulid Nabi Muhammad SAW, maka berarti pada hari tersebut merupakan hari kelahiran nabi Muhammad.  Kelahiran Nabi sering disebut dengan maud Nabi. Itu sebabnya disetiap tanggal pasti selalu ada maulid Nabi yang dimana itu merupakan hari kelahiran Nabi kita.

Di Indonesia sendiri hari maulid nabi Muhammad SAW diperingati setiap 12 rabiul awal dalam penanggalan hijriyah. Maulid nabi ini sering diadakan perayaann khusus untuk menyambut kelahiran nabi tersebut, khususnya di daerah Solo. Disolo biasanya sering memperingati maulid Nabi tersebut dengan adanya beberapa tradisi, dan biasanya perayaan orang Solo tersebut sering menyebut dengan istilah sekaten. Perayaan ini dilakukan untuk menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan perayaan tersebut dicampur dengan beberapa tradisi adat Jawa. Mungkin tidak hanya daerah solo saja, melainkan beberapa kota di Indonesia juga sering mengadakan perayaan maulid Nabi tersebut. dan perayaan tersebut dilakukan dengan cara mengadakan pengajian, berjalan keliling kampung dengan mambaca sholawat dan berbagai kegiatan religius lainnya.

Sebenarnya perayaan maulid ini sudah ada pada zaman nabi dahulu, pada waktu itu ada seorang Raja yang bernama Raja Irbil yaitu sekitar abad ke 7 hijhriyah. Pada waktu itu sang Raja mengundang seluruh rakyatnya untuk melakukan perayaan maulid nabi tersebut. selain mengundang rakyatnya, ternyata raja tersebut juga mengundang beberapa ulama dari berbagai jenis, misalnya yaitu ulama dalam bidang fiqih, bidang hadits, bidang ilmu kalam, para ahli tasawuf dan juga berbagai ulama lainnya. sebelum datangnya maulid nabi tersebut, raja biasanya menyiapkan beberapa hal untuk mendukung perayaan maulid nabi tersebut. diantaranya adalah penyembelihan kambing, unta yang nantinya akan dihidangkan kepada para hadirin yang sudah datang. Semenjak diadakan perayaan maulid tersebut, maka sampai sekarang perayaan maulid nabi sering dilakukan khususnya di Indonesia.

Perayaan maulid pertama kali dilakukan pada zaman itu dan perayaan ini dilakukan karena perayaan maulid nabi merupakan sesuatu yang baik. dan bahkan hal ini disetujui oleh para ulama, sebab ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan pada maulid nabi tersebut. seperti misalnya di Indonesia sendiri juga mengadakan perayaan untuk maulid nabi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun peerayaan maulid nabi tersebut biasanya diisi dengan kegiatan yang positif dan berfaedah misalnya dengan mengadakan pembacaan sholawat atas nabi, selain itu juga adanya pembacaan berzanji dan juga adanya pengajian. Maulid nabi merupakan kelahiran nabi kita. Maka dalam maulid nabi tersebut maka kita harus bisa mengisi setiap kegiatan kita dengan berbagai macam hal yang positif. Jangan menggunakan maulid nabi tersebut untuk sesuatu yang buruk atau melenceng dari syariat Islam. Sebab masih banyak kita temukan seperti itu setiap adanya perayaan maulid nabi.

Selain di Indonesia, perayaan maulid nabi juga dilakukan diluar negeri seperti misalnya yaitu di negara Malaysia dan juga India. Selain kedua negera tersebut, ada negara lain yang juga mengadakan perayaan nabi yaitu seperti negara syiah dan sunni. Dinegara sunni mengadakan maulid nabi seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya yaitu pada tanggal 12 rabiul awal. Namun beda lagi dengan negara syiah, untuk negara syiah mengadakan perayaan maulid nabi yaitu pada tanggal 17 rabiul awal. Perayaan maulid nabi biasanya hanya dilakukan dibeberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jika penduduknya mayoritas beragama Islam maka tentu pasti akan ada perayaan maulid nabi. Dan biasanya dinegara tertentu mereka akan cenderung membentuk beberapa komunitas untuk maulid nabi tersebut.

Biasanya hari maulid nabi akan dijadikan  libur nasional. Karena sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW maka hari maulid akan dijadikan sebagai libur nasional. Hal ini berlaku untuk negara Indonesia, namun tidak untuk semua negara. Ada beberapa negara yang menjadikan hari maulid nabi tidak dijadikan libur resmi, dan negara tersebut adalah negara Arab dan juga Qatar. Negara tersebut tidak menjadikan hari kelahiran nabi tersebut sebagai libur resmi. Karena mereka menganggap bahwa hari maulid hanya sebagai bentuk ekspresi dari rasa keimanan dan juga rasa kebangkitan keberagaman bagi para umat Islam yang menganutnya.

Ada sebuah contoh kecil perayaan maulid nabi di Indonesia khususnya di jawa timur pulau Madura, disana ketika datang nya perayaan maulid nabi Muhammad Saw maka semua orang berbondong-bondong untuk merayakan nya dengan cara mengundang para lelaki ke rumah nya untuk mengadakan kegiatan sholawat an dan mengundang kiyai untuk memimpin nya. Selain itu tidak hanya ber sholawat an saja melainkan mereka di suguh kan macam macam buah yang bida mereka makan sesuka hati mereka, dan setelah selesai sholawat an mereka akan di suguhi makanan nasi dengan lauk yang berbagai macam seperti sop ayam, daging, ikan lele dan ikan ikan lainnya, semua bertujuan bukan karna ber foya foya melainkan ingin mendapatkan berkah dari Allah swt dan syafaat dari nabi Muhammad Saw, jadi jangan sampai mengira ini sebuah penyembahan, karna ini adat dari jaman dulu, dan beginilah cara orang Madura merayakan kelahiran nabi Muhammad Saw. Setelah sholawat an selesai dan makan nya juga selesai,

Maka mereka semua sebelum pulang di Berikan bingkisan yang isinya ada nasi dan lauk juga berbagai cemilan ringan seperti roti dll dan wadah cemilannya terkadang menggunakan bakul biasa dan orang yang mampu terkadang di kasih wadah yang bagus bukan dari bakul, dan seumpama yang di undang sholawatan tidak datang maka akan di anterin bincisan nya ke rumah orang tersebut supaya adil, begitulah kehidupan di Madura ketika Merayakan kelahiran nabi Muhammad Saw, pokok nya di madura kalau bulan maulid nabi sangatlah istimewa dengan banyak nya perayaan nabi yang di rayakan oleh seluruh orang di pulau Madura, jadi kalau kamu mau ke madura pas ketika bulan maulid nabi saja biar tau aktifitas nya langsung seperti apa perayaan maulid nabi Muhammad Saw di sana, ini ada beberapa contoh foto yang saya ambil ketika persiapan maulid nabi Muhammad Saw.











Itu beberapa penjelasan singkat mengenai maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam. Penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa  maulid nabi terjadi setiap 12 rabiul awal. Selain itu juga awal pertama kali perayaan maulid dilakukan. Dan beberapa perayaan yang dilakukan disetiap negara. Semoga bermanfaat dan sedikit membantu mengenai maulid nabi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.