Doa Sehari Hari Agama Buddha Lengkap
Doa Sehari Hari Agama Buddha Lengkap

Doa Sehari Hari Agama Buddha Lengkap

5 Doa Sederhana Agama Buddha Sehari-Hari 1. Doa Sederhana Tiga Permata Ini doa pendek yang memberikan banyak perlindungan, dimana mengembangkan spiritual pembaca doa sekaligus memberikan ketenangan dalam agama Buddha.

Tokohsebelah.com- Setiap orang tentu memiliki agama (keyakinan) sebagai pegangan utama dalam hidup, dimana setiap agama akan mengajarkan kebaikan dan umatnya untuk berdoa. Ini adalah cara yang paling tepat dan benar untuk berkomunikasi dengan Tuhan, sehingga mendapatkan ketenangan batin dalam hidup.

Dalam agama buddha sudah diajarkan cara berdoa yang benar, mulai dari harus mengambil posisi bagus, bisa dilakukan dengan cara duduk yang benar dan stabil. Setelah itu, Anda harus tenang dengan cara mengambil napas panjang.

Agar prosesi berdoa semakin tenang dan hikmat, maka sediakan media tambahan, seperti lilin sebagai penerangan alami dan menyejukkan mata, wewangiaan yang biasanya dari dupa juga beberapa sesaja. Ini akan membuat prosesi berdoa menjadi lebih hikmat, khusyuk dan merasa lebih dekat dengan Tuhan.

Selain itu, pelajari terlebih dahulu mantra yang akan digunakan untuk berdoa, dimana bukan hanya di lafalkan sekali saja, namun berulang-ulang. Misalkan, mantra awal setiap akan mulai berdoa seperti Om mani padme hum, ini berarti aku bersujud pada permata di atas teratai.

Ada juga mantra Om A Ra Pa Ca Na Dhih, dimana saat membaca doa tersebut ditekankan pada pembacaan ujungnya Dhih menjadi Di. Mantra tersebut berate akan meningkat pemikiran kritis, kemampuan berpikir dan kebijaksanaan.

5 Doa Sederhana Agama Buddha Sehari-Hari

1. Doa Sederhana Tiga Permata

Ini doa pendek yang memberikan banyak perlindungan, dimana mengembangkan spiritual pembaca doa sekaligus memberikan ketenangan dalam agama Buddha. Ini biasanya akan dibaca di awal berdoa, sebagai mantra yang digunakan dalam pemujaan.
Mantranya, 

Mantranya : "Aku Berpindung pada Buddha, Dharma Sangha. Dimana aku akan mendapatkan pencerahan, melalui kumpulan kebajikan, kebaikan hati dan kebajikan perbuatan lainnya. Semoga ini memberikan pencerahan, untuk aku dan semua makhluk hidup lainnya"

Sangha merupakan doa untuk bersama yang mengatasnamakan kelompok atau perkumpulan, namn  tidak digunakan saat berdoa sendiri. Sedangkan Dharma merupakan kebenaran yang universal di bumi, ini akan diberikan seluruh makhluk hidup.

2. Doa Untuk Kebaikan dan Kesejahteraan Diri dan Sesama

Setelah membacakan mantra pembuka singkat, maka selanjutnya harus memberikan pujian atau terima kasih atas apa yang didapatkan. Ini sebagai wujud bakti pada Tuhan, dimana memberikan kebaikan untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Mantranya : "Semoga aku dan sesama mendapatkan kebaikan, kebahagiaan dan kedamaian. Semoga semua guru dalam lindungan kebaikan, bahagia dan damai. Semoga orang tua dan kerabat ku dalam lindungan hidup bahagia, tenang dan damai. Semoga semua musuhku dan makhluk hidupnya lain, bisa mendapatkan kebahagiaan, kenyamanan dan kemuliaan dalam hidup"

3. Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Agama juga menanamkan doa dalam kegiatan sehari-hari, seperti makan. Ini dilakukan sebelum dan sesudah makan, agar mendapatkan berkah, manfaat dan sebagai wujud syukur atas makanan yang sudah didapatkan. Bisa dilakukan saat makan sendiri atau bersama semua orang.

Mantranya : "Aku berikan persembahan makanan ini pada tiga permata, Kepada buddhaa, Dharma dan Sangha yang berharga. Berikan berkah pada makanan ini, jadikan obat yang akan membebaskan dari hawa nafu dan keinginan pada dunia.Berikan manfaat dan gunakan tubuh ini untuk kebaikan semua mahluk hidup di bumi"

4. Doa Cinta Kasih Sesama

Bahkan dalam agama Buddha juga mengajarkan doa wujud cinta kasih pada sesama, ini menunjukkan bahwa doa tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun pada semua makhluk hidup di bumi. Sehingga mendapatkan kebahagiaan, kesenangan dan kemudahan dalam hidup.

Mantranya: " Berkatilah aku dengan ilmu yang bermanfaat, agar bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuk mengantarkan aku dan semua makhluk hidup ke jalan kedamaian. Berkatilah aku dengan kata-kata yang bagus, jujur tanpa kebohongan, lembut tanpa kesombongan. Berkatilah aku dengan hidup yang cukup, bijaksana dan bisa memberikan banyak kebaikan untuk sesama"

Mantranya : "Berkatilah orang tua kami agar dapat menjadi pelindung, penjaga dan memberikan jalan yang benar untuk keluarga. Berkatilah ibu yang melahirkan kami, melindungi kami dan menjaga kami dari pagi hingga petang, berkat cinta kasih dan kasih sayangnya, kami tumbuh besar dan menjadi orang berguna. Berkatilah semua makhluk hidup di bumi ini, berikan cinta kasih, tanpa membedakan status dan derajat. Menghilangkan yang buruk dan memperlihatkan kebaikan, kami mohon dengan segala kebaikan dan menghindarkan dari segala keburukan"

5. Doa Sebelum Tidur

Ini merupakan doa yang diajarkan mulai dari sedini mungkin, dimana anak-anak sebaiknya berdoa agar diberikan keselamatan dan wujud terima kasih atas apa yang dinikmati sekarang. Dalam agama Buddha, bukan hanya memberikan kebaikan untuk diri sendiri, namun pada orang tua, di lingkungan sekitar bahkan semua makhluk hidup.

Mantranya : "Terpujilah wahai Sang Buddha, guru dari segala makhluk hidup di dunia. Terima kasih atas segala kebaikan yang engkau berikan kepadaku. Berikan aku kemudahan untuk tidur dengan nyenyak dan bangun segar kembali. Sadhu, Sadhu, Sadhu"

Sebaiknya umat Buddha selalu melakukan 5 doa utama di atas dalam kehidupan sehari-hari, ini akan memberikan kenyamanan, hidup tenteram dan terhindar dari hal buruk. Bahkan akan selalu mendapatkan kemudahan dalam urusan dunia, karena yakin dan pasrah pada Tuhannya.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.