20 Keunikan Di Sulawesi Selatan Yang Wajib Anda Ketahui
20 Keunikan Di Sulawesi Selatan Yang Wajib Anda Ketahui

20 Keunikan Di Sulawesi Selatan Yang Wajib Anda Ketahui

Keunikan Sulawesi Selatan sungguh menggugah selera masyarakat Indonesia, bukan masyarakat Indonesia saja, masyarakat luar negeri pun juga tertarik dengan Sulawesi Selatan, disana banyaj beragam karakter, budidayanya sangat bagus dan menarik


Tokohsebelah.com- Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak pada bagian selawan dari Pulau Sulawesi. Kota Makasar menjadi ibu kota dari Sulawesi Selatan ini. Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki berbagai keunikan keunikan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain. Nah, kali ini kami akan membahas tentang 20 keunikan keunikan di Provinsi Sulawesi Selatan yang wajib untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah :

# 1. Keindahan Pantai
Provinsi Sulawesi Selatan memang dikenal akan keindahan pantainya. Banyak turis asing maupun turis domestik sering kali mengunjungi berbagai pantai pantai yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan seperti Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira, Pantai Marina, Pantai Baloiya, Pantai Timur, Pantai Pa’badilang, Pantai Mattirotasi, Pantai Lemo, dan beberapa pantai unggulan lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi Anda yang memiliki hobi bermain ke pantai, maka Anda dapat mencoba ke beberapa spot pantai di Provinsi Sulawesi Selata yang dikenal memiliki keindahan pantai yang tiada duanya.

# 2. Keindahan Taman Nasional
Salah satu keunikan di Provinsi Sulawesi Selatan adalah adanya taman nasional yang terletak di Kabupaten Maros. Ya, di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini dikenal akan koleksi kupu-kupu yang berjumlah hingga 250 spesies yang berbeda beda.

# 3. Keindahan Rumah Adat
Rumah adat yang terkenal dari Provinsi Sulawesi Selatan adalah Ke’te Kesu. Ya, dalam objek wisata adat ini terdapat sebuah perkampungan, tempat kerajinan ukiran, dan  sebuah kuburan.  Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang kampun adat dari Provinsi Sulawesi Selatan, maka Anda dapat berkunjung kesini.

# 4. Keunikan Museum
Selain memiliki keunikan wisata alam, Provinsi Sulawesi Selatan ini juga memiliki keunikan akan wisata sejarah. Ya, museum yang terletak di Kabupaten Gowa tersebut dikenal dengan nama museum Balla Lompoa. Ya, museum yang diadaptasi dari istana Kerajaan Gowa di masa penjajahan ini menyajikan berbagai peninggalan sejarah seperti senjata tradisional, pakaian kerjaan, dan lain sebagainya.

# 5. Keindahan Tempat Adat
Di tengah era modernisasi, Terdapat salah satu kawasan adat yang masih memegang teguh tradisi adat istiadat. Ya, Desa Tana Toa yang terletak di Kecamatan Kajang ini masih memegang teguh peninggalan nenek moyangnya.

# 6. Keindahan Panorama Alam
Provinsi Sulawesi Selatan ini memang menyimpan potensi panorama alam yang sangat melimpah. Salah satunya adalah pemandian air panas. Ya, pemandian air panas lejja yang terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

# 7. Keunikan Potensi Kerajinan
Kawasan Tanah Beru memang dikenal sebagai kawasan tempat  pembuatan kapal atau perahu tradisional. Jadi, disini Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan kapal tradisional yang juga menggunakan alat tradisional pula.

# 8. Keunikan Tempat Wisata Pegunungan
Selain memiliki keindahan alam bawah laut yang melimpah, namun Provinsi Sulawesi Selatan ini juga memiliki keunikan pada tempat wisata pegunungannya. Ya, disini Anda dapat memanjakan mata Anda dengan melihat pemandangan alam dari dataran tinggi.

# 9. Keunikan Peninggalan Sejarah
Selain museum, Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki potensi wisata dari sektor peninggalan sejarah. Ya, Benteng Somba Opu ini menjadi saksi sejarah akan peninggalan sejarah zaman penjajahan dahulu.

# 10. Keunikan Bahasa
Negara Indonesia memang dinobatkan sebagai Negara yang memiliki banyak ragam bahasa dari suku suku di Indonesia.  Nah, ragam bahasa terbanyak ini ada di Provensi Sulawesi yang memiliki sekitar 35 bahasa.

# 11. Pulau Yang Berbentuk Huruf “K”
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pulau Sulawesi ini memiliki bentuk menyerupai huruf “K”. Memang, pulau ini menyimpan berbagai keunikan keunikan yang patut untuk kita ketahui.

# 12. Keunikan Flora dan Fauna
Nah, Pulau Sulawesi ini juga memiliki beberapa jenis flora dan fauna endemic atau asli. Rata rata flora dan fauna tersebut berasal dari campuran benua lainnya seperti Australia, Eropa, dan lain sebagainya.

# 13. Keunikan Suku
Bilamana berbicara tentang Provinsi Sulawesi Selatan, maka kita tak luput untuk membicarakan tentang suku suku asli yang telah lama mendiami Provinsi Sulawesi Selatan. Ya, Pulau Sulawesi Selatan sendiri di dominasi oleh 4 suku yakni   Suku Bugis, Suku Makassar, Suku Toraja, dan juga Suku Mandar.

# 14. Keunikan Kebebasan Beragama
Provinsi Sulawesi Selatan memang menjadi provinsi yang masih di dominasi oleh orang orang yang beragam islam. Namun, mereka hidup berdampingan dengan orang orang yang memeluk agam lain seperti Kristen, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu secara damai.

# 15. Keunikan Kuliner
Tak lengkap rasanya bilamana membicarakan tentang keunikan dari Provinsi Sulawesi Selatan tanpa membahas tentang kulinernya. Terdapat beberapa masakan khas dari Provinsi Sulawesi Selatan yang telah dikenal oleh masyarakat dunia seperti Sup Konro, Coto Makassar, hingga Es Pisang Ijo.

# 16. Keunikan Senjata Tradisonal
Senjata tradisional ini sering kali digunakan disaat peperangan melawan penjajah. Namun, hingga kini pun banyak masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih menyimpan beberapa senjata tradisional seperti Badik dan Papporok.

# 17. Keunikan Budaya
Salah satu keunikan budaya yang sering kali digelar oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan adalah budaya Mappalili. Tujuan digelarnya ritual Mappalili ini adalah agar disaat masa panen padi tidak terganggu oleh beberapa hal yang menyebabkan gagal panen.

# 18. Keunikan Bawah Laut
Bilamana Anda ingin melihat keindahan bawah laut dari Provinsi Sulawesi selatan, maka Anda dapat mengunjungi Taman Laut Takabonerate. Ya, disini Anda dapat melihat biota laut dan karang laut serta mencoba wahana ekstream yang ada di tempat ini.

# 19. Keunikan Pakaian Adat
Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki keunikan tentang pakaian adatnya. Ya, untuk pakaian adat khas Provinsi Sulawesi Selatan adalah baju bodo untuk wanita dan juga baju balla dada  untuk para pria.

# 20. Keunikan Transportasi
Keunikan dari Provinsi Sulawesi Selatan yang terakhir adalah keunikan tentang alat transportasi. ya, transportasi tradisional di Pr ovinsi Sulawesi Selatan adalah becak serta “pete-pete” yakni sejenis angkutan umum atau bemo
Nah itulah 20 keunikan di Provinsi Sulawesi Selatan yang wajib untuk Anda ketahui.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.