2 Tips Dan Cara Agar Terbiasa Shalat Tahajut atau Salat Malam
2 Tips Dan Cara Agar Terbiasa Shalat Tahajut atau Salat Malam

2 Tips Dan Cara Agar Terbiasa Shalat Tahajut atau Salat Malam

1. Tidur Lebih Awal Dan Memasang Alarm Tips yang perama adalah sebaiknya Anda tidur lebih cepat dari biasanya serta Anda perlu memasang alarm agar Anda dapat bangun di waktu yang tepat untuk melaksanakan salat tahajut.




Tokohsebelah.com- Salat tahajut adalah slah satu jenis salat sunnah yang sangat dianjurkan bagi kita dengan harapan agar apa yang kita inginkan segera di kabulkan oleh ALLAH SWT. Salah tahajut ini memang berbeda dnegan salat sunah lainnya karena selain sangat dianjurkan, salat tahajut ini juga dikerjakan pada waktu malam hari tepatnya pada sepertiga malam setelah kita terlebih dahulu dianjurkan untuk tidur.

Yang unik dari salat tahajut ini adalah selain dikerjakan di waktu sepertiga malam, untuk jumlah rokaatnya sendiri pun juga tidak berbatas. Ya, minimal adalah 2 rokaat dan Anda dapat menambah sebanyak banyaknya hingga tak berbatas. Mengapa salat tahajud ini dianggaap istimewa ? Karena, Nabi Muhammad SAW ini sering kali melaksanakan salat tahajud dengan harapan agar semua doanya dikabulkan termasuk doa agar semua keinginan dapat terkabul serta agar dimudahkan dan di lapangkan kuburnya kelak.

Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan salat tahajut namun sering kali merasa susah untuk bangun tidur di waktu sepertiga malam, maka Anda dapat menyimak 2 tips dan cara agar terbiasa salah tahajut ataupun salat malam. Diantaranya adalah :

1. Tidur Lebih Awal Dan Memasang Alarm

Tips yang perama adalah sebaiknya Anda tidur lebih cepat dari biasanya serta Anda perlu memasang alarm agar Anda dapat bangun di waktu yang tepat untuk melaksanakan salat tahajut.  Ya, tips tersebut terbukti ampuh untuk membangunkan Anda agar tidak terlewatkan waktu keutamaan dari salat tahajut itu sendiri. Sebaiknya Anda memasang alarm lebih dari satu kali karena bagi Anda yang memiliki masalah pada jam tidur, sering kali Anda tidak akan bangun bilamana Anda hanya memasang alarm hanya satu kali. Ada baiknya Anda memasang dua hingga 3 sekaligus alarm agar Anda tidak terlambat untuk mengerjakan salat tahajut itu sendiri.

Ada baiknya Anda tidak minum kopi atau minuman sejenis agar Anda dapat tidur dengan nyenyak serta awali tidur Anda dengan melafalkan doa sebelum tidur agar ALLAH SWT senantiasa menjaga tidur Anda dari gangguan setan atau jin.

2. Meminta Bantuan Orang Di Sekitar Untuk Membangunkan Dan Jangan Lupa Untuk Sediakan Air Minum Selepas Bangun Tidur

Tips yang kedua adalah meminta bantuian orang di sekitar untuk membangunkan Anda agar Anda dapat menunaikan salat tahajut dengan tepat waktu. Ya, langkah ini terbukti jitu khususnya bagi Anda yang terlalu larut malam ketika memutuskan untuk tidur ataupun untuk Anda yang tipe orang yang sulit untuk bangun tidur meski telah memasang jam alarm.

anda dapat meminta tolong kepada teman kost, saudara, adik, bibi, paman, atau bahkan orang tua Anda untuk membangunkan Anda di waktu sepertiga malam tersebut. Nah, setelah Anda bangun tidur untuk melaksanakan salat tahajut, jangan lupa berdoa setelah bangun tidur dan kemudian minumlah air putih sebagai pelepas dahaga Anda.
Sebaiknya, Anda mandi terlebih dahulu agar badan Anda segar dan kemudian dilanjutkan dengan mengambil air wudhu. Pastikan niat Anda memang melaksanakan salat karena ALLAH SWT bukan karena hal apapun.

Mengapa harus meminum air putih ? Ya, karena dengan meminum air putih ini maka tubuh Anda akan kembali segar dan Anda dapat memulai untuk salat tahajut.

Nah itulah tips dan cara agar Anda t erbiasa untuk melaksanakan salat tahajut ataupun salat malam. Perbanyak dzikir, perbanyak shalawat, pertebal iman Anda maka Anda dapat melaksanan salat tahajut secara terus menerus dan tanpa pernah putus. Bilamana Anda lalai dan menuruti hawa nafsu setan, maka amalan dari pada salat tahajut ini pun akan hilang atau sirna.

Yang perlu Anda perhatikan untuk melaksanakan salat tahajut atau salat mala mini adalah kumpulkan niat dan iman agar Anda tidak merasakan malas ketika akan melaksanakan salat tahajut atau salat malam lainnya.

Dan jangan lupa untuk mengikuti 2 tips dan cara agar Anda terbiasa untuk melakukan salat tahajut atau salat malam yang telah kami bagikan untuk Anda.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.