11 Perlengkapan/Persiapan Sebelum Mendaki Gunung | Wisatawan
11 Perlengkapan/Persiapan Sebelum Mendaki Gunung | Wisatawan

11 Perlengkapan/Persiapan Sebelum Mendaki Gunung | Wisatawan

Perlengkapan Yang Wajib Di Bawa Untuk Mendaki Gunung Tinggi 1. Tenda kemping 2. Jas Hujan 3. Kasur Angin 4. Fresh care/Minyak kayu putih 5. Jaket Tebal Cara Naik Gunung Agar Tidak Cepat Capek/Ngos-ngosan 1. Minum Air yang banyak

Tokohsebelah.com-Haloo gengs salam hangat dan salam semangat ceria di pagi hari, ada salam buat mu dari para gunung-gunung/bukit-bukit, para gunung menunggumu menanti kehadiran dirimu, buruan kesana kasihan gunung nya hehe 😀😀, kalau anda lagi berencana mau berwisata ke tempat per gunungan atau tempat perbukitan tinggi, tentu kalian memerlukan beberapa persiapan yang  harus di persiapkan dari jauh-jauh hari.

Mungkin anda kebingungan dalam mempersiapkan barang-barang apa saja yang harus anda bawa untuk mendaki gunung nantinya, saya akan memberikan ulasan perihal barang yang wajib anda bawa dan wajib ada dalam tas anda agar anda tidak merasa kekurangan peralatan ketika anda kamping di atas gunung nantinya, tapi sebelum itu saya mau tanya, Bukit mana yang mau anda kunjungi dan mau anda kampingi?

Kalau memang bukit yang akan anda datengin bukit yang sudah terkenal seperti gunung merapi, maka anda tidak perlu membutuhkan banyak peralatan yang harus anda bawa kesana, kenapa demikian? Karna disana sudah banyak persediaan yang sudah ada tinggal anda beli saja apa yang anda perlukan, disana itu sudah ada warung makan dan cemilan juga, dan jaket juga, tapi ingat semua itu bukan gratisan loh ya, anda tetap harus bayar, jadi uang yang anda bawa harus selaras supaya anda bisa makan sepuasnya disana sambil melihat pemandangan yang begitu indah dan bagus juga sangat mengagumkan, ohhh aku pengen juga mau kesana, cuma gak ada yang mau ngajak saya 😭😭😭 , ok lah kita  lanjut aja ke point judul artikel ini yaitu perlengkapan yang harus fi bawa sebelum Mendaki Gunung, simak lah Artikel ini Sampai selesai, karna akan ada tips dan sekumpulan perlengkapan yang wajib di bawa sebelum anda on the way ke Gunung/Bukit.

Perlengkapan Yang Wajib Di Bawa Untuk Mendaki Gunung Tinggi

1. Tenda kemping
Tenda di butuhkan untuk anda yang menginap di atas bukit 2-7 hari, tenda ⛺ ini sangat penting agar tidur anda nyaman tidak banyak gangguan nyamuk dll.

2. Jas Hujan
Jas hujan memang terlihat tidak begitu penting, namun dari pada bawa pagung mending bawa jas hujan, di khawatirkan ketika mau Mendaki Gunung hujan melanda tiba tiba-tiba atau juga ketika nanti mau balik di khawatirkan hujan dadakan menyusulnya.

3. Kasur Angin
Kasur angin Bestway/intex bagi saya wajib anda bawa, agar anda tidak sakit semua ketika tidur malam hari, maka tidak ada salah nya anda sekalian bawa kasur angin untuk tidur anda agar lebih nyenyak, kasur angin ini bisa di taru dalam tenda anda atau juga bisa dibkuar tenda sambik melihat indahnya bintang di malam hari dan juga indahnya matahari terbit di pahi hari.

4. Fresh care/Minyak kayu putih
Nah kalau dua minyak ini wajib di bawa, karna disana itu hawa nya agak tidak bersahabat dengan tibuh kita, jadi bawa minyak fresh care dan kayu putih membantu menstabilkan bau hawa oada tubuh anda, bisa juga di gunakan untuk mengurangi kedinginan bahkan bisa untuk melindungi dari hawa masuk angin pada tubuh anda.

5. Jaket Tebal
Jaket tebal wajib di bawa karna di sana itu pastinya sangat dingin sekali,  kalau malam hari angin nya seperti anda di tiup dengan tiupan yang besar dan di tiup kan di depan badan anda, anda akan merasa seperti lagi tidur di dalam angin, saking deras nya angin menghambat.

6. Baju Tambahan
Bawalah baju secukupnya, kaos 2, celana 1, sarung tangan, masker, dan pengikat leher, dan perlengkapan beribadah.

7. Peralatan Masak
Bawa kompor kecil, bawa bumbu secukupnya, bawa air mineral, dan bawa perlengkapan masak lain nya.

8. Perlengkapan Makanan
Bawa mie goreng secukupnya nya, bawa cemilan ringan yang banyaj buat anda makan biar ngak Terlalu booring di atas gunung nantinya.

9. Perlengkapan Obat
Perlengkapan obat juga sangat perlu di butuhkan, di khawatirkan anda dan team anda mengalami hal yang tidak di duga, jadi usahakan jangan sampai lupa untuk membawa peralatan obat, bisa berupa obat pusing, obat tolak angin, obat mual, obat mag, obat albotil, dan obat penting lainnya, usahakan di bawa agar nantinya anda tidak menyesal.

10. Selimut Tebal
Selimut tebal Memang agak berat di bawa, namun kalau anda memang takut kedinginan dan tidur nya pengen enak dan nyaman, maka saran nya bawa lah selimut, ngak usah bawa selimut yang terlalu lebar dan terlalu tebal, cukup lah anda bawa selimut yang ramping tapi gak terlalu tipis.

11. Tas Gunung
Nah yang terakhir anda bawa tas gunung, jangan bawa tas sekolah, kebanyakan anak muda salah membawa tas, yang di bawa bukan tas gunung malah tas sekolah, jadinya bawa peralatan nya sedikit kalau pakai tas sekolah, kalau pakai tas gunung, insyaallah semua peralatan di atas yang saya sebutkan satu per satu akan muat dalam satu tas saja, jadi bawalah tas gunung bukan tas sekolah ya 😀.

Cara Naik Gunung Agar Tidak Cepat Capek/Ngos-ngosan


1. Minum Air yang banyak
Sebelum Mendaki Gunung, yang harus pertama anda lakukan adalah meminum air mineral yang cukup, jangan sampai anda dehidrasi ketika anda Mendaki Gunung, dan jangan sampai juga anda kehausan di tengah Mendaki Gunung, itu tidak lah baik bagi anda, usahakan anda jangan ngapa-ngapain ketika dalam perjalanan Mendaki Gunung apa lagi minum di tengan pendakian, itu malah tambah tidak bagus buat pernafasan mu, yang ada anda akan cepat capek dan pernafasan mu tidak kuat lagi untuk bernafas.

2. Lari Di tempat
Sebelum mendaki gunung 30 menit sebelum nya anda harus olahraga aluas melatih jantung agar jantung anda tidak mendadak mendapatkan respon pernafasan yang cepat, melatih jantung bisa dengan lati cepat di tempat, lari lah di tempat agar jantung anda tidak kaget ketika anda nanti mendaki gunung dan anda bisa juga mengontrol jantung mu ketika mendaki gunung.

3. Atur Pernafasan
Ketika mendaki gunung, maka anda akan merasakan kelelahan yang amat lelah sehingga pernafasan anda akan tersesak- sedak seperti orang yang lari berkilo-kilo meter, agar anda tidak terlalu Ngos-ngosan dan kehilangan pernafasan, maka kegika anda melangkah mendaki gunung 🗻 setiap langkahan anda mengambil nafas dan keluarkan nafas, contoh ketika kaki kanan melangkah maka anda mengambil nafas ketika kaki kiri nya yang melangkah maka keluarkan nafas dan begitu seterusnya, kontrol nafas ini sangat penting agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.


Nah dari penjelasan dan ulasan juga tips di atas Semoga kalian bisa Mendaki Gunung dengan nyaman dan aman dan semoga anda tidak mendapatkan banyak halangan, semangat dan pantang mundur, saya nitip salam ya buat gunung nya semoga saya juga bisa kesana nantinya hehe 😁😁.

Thanks for reading.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.