3 Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta dan Liberica
3 Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta dan Liberica

3 Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta dan Liberica

3 Type Kopi Di Indonesia Yang Terkenal 1. Kopi Arabic Adalah Biji kopinya yang agak memanjang dan pipih tidak bulet, ukuran nya juga lebih besar dan lebih halus. ✓Karakteristik kopi arabic ° Rasa nya Cenderung Asam ° Tumbuh di dataran kurang lebih 700meter di atas permukaan laut ° Kandungan kefein lebih kecil, sekitar 0.8%-1.4% ° Harga lebih mahal di Bandingkan Robusta

Tokohsebelah.com- Kalau kemaren kita sudah membahas tentang Tempat-tempat atau daerah-daerah penghasil kopi terbesar dan terbaik di Indonesia, maka kali ini pembahasan nya adalah tentang nama-nama kopi di Indonesia, tapi sebelumnya saya mau tanya dulu, apakah anda tau beberapa rasa dan perbedaan sebuah kopi ketika meminumnya dan anda bisa menebak kalau kopi yang anda minum tergolong kopi..?
Kalau gak pernah juga gak apa apa tapi itu tandanya anda bukan pecinta kopi, tapi kalau anda bisa menebak nama kopi tersebut setiap anda meminum kopi, berarti anda memang benar-benar pecinta kopi Indonesia.

Penikmat Kopi Adalah : Orang yang tidak terlalu sering meminum kopi, tapi ketika meminum kopi dia akan meminumnya dengan tenang dan akan lama habis nya.

Pecinta kopi Adalah : orang yang bila mana tidak ada kopi serasa ada yang hilang dan hampa bagaikan hiduo tidak ada semangat nya, dan ketika meminum kopi, kopinya akan cepat habis, karna saking dia nya exited banget ingin terus meminum nya.

Kalau saya sendiri termasuk orang yang penikmat kopi, karna saya memang jarang sekali untuk minum kopi, entah apa dan kenapa saya tidak terlalu exited dengan minuman kopi, mungkin saya akan meminum kopi apa bila saya mau menahan kantuk atau sekedar ingin minum kopi supaya badan lebih hanget saja ketika musim hujan, selain waktu itu sepertinya saya tidak akan meminum kopi. Kalau anda masuk ke type yang no dua di atas alias pecinta kopi, maka anda mungkin seperti teman saya, teman saya itu termasuk pecinta kopi, dia setiap bangun pagi wajib ada kopi dan malam juga wajib ada kopi, bisa di bilang pagi-malam harus ada kopi, jadi bagi para perempuan yang mempunyai suami pecinta kopi harus sabar-sabar membuat kopi nya, karna kopi harus selalu ada di tempat meja suami.

Sebenarnya yang akan kita bahas di artikel kali ini iyalah tentang beberapa perbedaan dari beberapa type kopi di Indonesia, di Indonesia sendiri kopi di bentuk menjadi tiga golongan oleh para peneliti atau pakar peneliti kopi, kalau anda mau tau golongan kopi mana yang lebih nikmat dan lebih lezat, maka Simak lah Artikel di bawah ini, karna saya sudah membuat ulasan tentang 3 golongan kopi Indonesia.

  

3 Type Kopi Di Indonesia Yang Terkenal

1. Kopi Arabic Adalah Biji kopinya yang agak memanjang dan pipih tidak bulet, ukuran nya juga lebih besar dan lebih halus.
✓Karakteristik kopi arabic
° Rasa nya Cenderung Asam
° Tumbuh di dataran kurang lebih 700meter di atas permukaan laut
° Kandungan kefein lebih kecil, sekitar 0.8%-1.4%
° Harga lebih mahal di Bandingkan Robusta

2. Kopi Robusta Adalah Biji kopi yang agak kecil dan bulet juga lebih keras dan lebih kasar tekstur nya.
✓Karakteristik kopi Robusta

• Rasanya cenderung pahit
• Tumbuh di dataran 300-700 meter dari permukaan laut
• kandungan kafein lebih tinggi sekitar 2%
• Harga lebib murah di banding Arabica

3. Kopi Liberica Adalah biji kopi yang pipih dan agak kurus, ukuran nya juga tidak besar dan kopi ini hanya bisa tumbuh di tanam di ketinggian di atas 9-10 meter dari tanah.
✓Karakteristik kopi Liberica
• Rasanya cenderung ber aroma Buah-buahan
• Buahnya jarang dan ber air
• kandungan kafein banyak di temukan pada daun nya
• harga di antara Robusta dan Arabica

Dari ketiga kopi di atas, masing masing kopi nya ada cerita tersendiri kenapa ketiga nama kopi ini bisa ada di Indonesia, ada yang di bawa penjajahan ada juga yang memang di serbuk sendiri, macem macem sih, tapi yang paling penting adalah walaupun kopi nya satu nama tapi rasa kopi nya jauh berbeda dari pada kopi negara lainnya, kopi yang di tanam di Indonesia rasa kopinya lebih nikmat dan lebih gurih juga lebih lezat di lidah dan di bibir, mungkin anda belum tau kalau indonesia ini salah satu pemasok kopi terbesar di dunia dan terbaik di dunia, kita sebagai orang Indonesia perlu memberikan tepuk tangan yang banyak buat petani kopi Indonesia, karna mereka indonesia di kenal dengan akan ke nikmatan kopinya.

Mereka di luaran sana sudah antri antrian menunggu ekspor dari Indonesia, karna orang luar negeri sana sangat banyak peminat nya sehingga kafe luar negeri mereka berebutan untuk mendapatkan pasokan kopi dari Indonesia, kalau anda sudah tau keistimewaan Indonesia di negara lainnya, apakah anda tidak bangga dengan negara Indonesia ini yang berlimpah ruah kekayaan alam nya, semoga saja indonesia masih tetap mempertahankan adat dan budidaya luhur nya dan juga indonesia Menjadi tempat singgah nya orang luar negeri agar indonesia lebih di cintai orang dari negara luar.


Tanks for reading.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.