Persiapan Kebutuhan Sebelum Berangkat Mencari Kerja Di Luar Kota
Persiapan Kebutuhan Sebelum Berangkat Mencari Kerja Di Luar Kota

Persiapan Kebutuhan Sebelum Berangkat Mencari Kerja Di Luar Kota

Banyak orang yang tidak mempersiapkan apapun untuk tujuan mencari pekerjaan di luar kota dengan cara Mandiri, padahal persiapan atau mempersiapkan hal apapun itu penting buat dirinya sendiri dan juga buat keperluan selama mencari kerja.


Halo selamat datang di blog tokohsebelah.com, disini saya akan mencoba membagikan hal yang terpenting sebelum anda mencari kerja ke luar kota,
Dalam artikel ini, saya akan mengekspor semua pengalaman saya, mulai dari awal mulanya saya orang kampung yang mau  mencari kerja ke luar kota (bisa dibilang orang Madura cari kerja ke Surabaya) Sampai mendapatkan pekerjaan.

Banyak orang yang tidak mempersiapkan apapun untuk tujuan mencari pekerjaan di luar kota, padahal persiapan atau mempersiapkan hal apapun itu penting buat dirinya sendiri dan juga buat keperluan selama mencari kerja disana nantinya.

Kesalahan tidak mempersiapkan sesuatu sebelum mencari kerjaan  itu adalah kesalahan yang fatal, Karena tanpa mempersiapkan sesuatu keperluan, semua tidak akan selancar yang anda bayangkan, jadi sebelum Anda terjun mencari kerjaan di luar kota alangkah baiknya anda mempersiapkan semua kebutuhan yang sekiranya perlu di bawa buat bekal anda nantinya.

.

Persiapan Kebutuhan Kerja


1.   Yang pertama Anda harus mempersiapkan uang.

Mempersiapkan uang/dana adalah persiapan yang paling penting lebih penting dari lainnya.

Karena anda nanti akan membutuhkan uang itu buat makan sehari-hari dan membayar uang kos an, dan juga biaya buat keperluan untuk mencari kerja termasuk buat fotocopy surat lamaran kerja.

Perlu Anda ketahui dalam mencari kerja keluar kota itu tidak segampang yang anda kira, karna akan banyak pesaing-pesaing yang juga mencari kerja dengan pengalaman yang tinggi-tinggi.

Jadi mencari kerjaan di luar kota itu akan memakan waktu banyak, semakin lama anda tidak mendapatkan pekerjaan maka pengeluaran uang anda juga akan semakin banyak, Jadi kalau anda mempersiapkan uang untuk mencari kerjaan Maka jangan tanggung-tanggung untuk membawa banyak uang, saya pribadi mempersiapkan uang dengan total uang tiga juta.

Dengan uang Rp3.000.000 maka saya sudah bisa mengira-ngira semua biaya hidup, mulai dari gaya kos, biaya makan, biaya kuota, dan biaya photocopy Surat lamaran kerja, dan biaya bensin buat mencari kerja.

Uang 3jt sudah cukup untuk semua biaya hidup dan juga untuk jaga-jaga Kalau seumpama lama tidak mendapatkan sebuah pekerjaan, jadi buat kalian yang mau bekerja ke luar kontak usahakan dana tabungan Anda sesuai dan tidak kurang, karna akan berdampak pada diri anda sendiri.


2. Yang kedua persiapkan baju seragam untuk melamar pekerjaan. 

Persiapan baju seragam untuk mencari kerja, juga penting Anda persiapkan Karena di luar kota sana anda belum tahu pasti tempat untuk membeli seragam tersebut.

Warna Baju seragam untuk mencari kerja adalah Putih Hitam, bagi Anda yang berniat mencari kerja maka anda harus dalam keadaan Menggunakan seragam putih hitam.

Apakah melamar pekerjaan atau mencari kerja wajib menggunakan baju seragam dengan warna putih hitam ?  Ya wajib, karena selain Anda terlihat sopan Anda juga akan terlihat serius untuk mencari pekerjaan atau untuk mendapatkan pekerjaan di luar kota sana.

Jadi jangan lupa Anda mempersiapkan seragam putih hitam dengan baju putih lengan panjang dan celana hitam panjang Kalau bisa yang ukuran slim fit.


3.   Yang ketiga mempersiapkan sepatu hitam. 

Banyak orang yang berpikir kalau mempersiapkan sepatu itu adalah hal yang sepele, padahal sepatu itu kunci di terima nya bekerja.

Sepatu juga penting dalam mencari suatu pekerjaan, apa lagi di panggil buat interview , anda harus rapih dengan warna sepatu yang tidak mencolok, gunakan sepatu yang berwarna hitam karena sepatu hitam itu lebih sopan menurut pandangan HRD.

Sepatu yang cocok buat melamar pekerjaan ataupun mencari pekerjaan adalah sepatu yang bertipe pantofel, sepatu pantofel ini cocok buat anda, karena akan menunjang tampilan mu terlihat lebih rapih dan lebih bersih juga lebih profesional.

Jadi lebih baik anda mempersiapkan sepatu hitam pantofel sebelum anda mencari pekerjaan.


#Dari 3 poin di atas saya akan membagikan sedikit cerita pribadi saya kepada anda selama saya mencari pekerjaan


Sebelum saya pergi untuk mencari kerjaan di luar kota dengan niat yang tulus dan benar-benar ingin bekerja dengan tujuan supaya mendapatkan uang, Saya pribadi mempersiapkan semuanya dari poin 1 sampai poin 3 di atas.

Mengenai dana yang saya siapkan sebesar itu, saya dapatkan hasil dari tabungan saya pribadi, Saya tidak suka meminta uang kepada orang tua untuk keperluan saya di luar kota, Saya ingin mandiri seutuhnya mulai dari modal sebelum bekerja sampai mendapatkan pekerjaan.

Selama saya di Kota Surabaya hampir 25  hari Saya tidak mendapatkan pekerjaan, saya sudah mencoba menaruh surat lamaran di mana-mana, kalau dihitung-hitung ya itu total lamaran saya lebih dari 100 surat lamaran kerja.

Dan pada akhirnya saya mendapat pekerjaan di sebuah Mall dengan gaji yang minim, karena saya ke pepet dana sudah agak menipis, dari pada saya tidak bekerja mending saya bekerja buat di jadikan pengalaman, dan akhirnya saya bekerja di tempat itu.

Setelah 1 bulan bekerja di situ dengan gaji yang minim, saya mencoba untuk pindah kerjaan yang kebetulan ada lowongan kerja di salah satu perusahaan.

Dan alhamdulillah saya diterima dan sampai sekarang saya masih bekerja di tempat kerja yang kedua saya ini.

Jadi pada intinya mencari pekerjaan keluar kota itu tidak semudah yang anda bayangkan, Anda membutuhkan biaya banyak untuk hidup di luar kota sana.

Karena Seperti yang saya ceritakan diatas Kalau dana pengeluaran itu sangatlah banyak mulai dari membuat surat lamaran sampai dari gonta-ganti pekerjaan, itu semua membutuhkan biaya hidup.

Bagi anda yang sekarang lagi mencari pekerjaan semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tipe dan karakter mu.


Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang blogger yang selalu memberikan motivasi baru dan menshering hal-hal yang positif.